Menko Luhut Siap Kalahkan Prabowo Subianto Soal...

Menko Luhut Siap Kalahkan Prabowo Subianto Soal... Kredit Foto: Antara/M Ibnu Chazar

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto bisa dibilang rajin ke luar negeri. Dalam Kabinet Indonesia Maju, Ketua Umum Partai Gerindra itu juara kunjungan ke luar negeri. Kini, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan juga mulai rajin ke luar negeri. Siap-siap, sebentar lagi Luhut nyalip Prabowo.

Prabowo tercatat sudah 12 kali ke luar negeri, sedangkan Luhut baru empat kali. Namun, tiga dari empat kunjungan itu dilakukan Luhut dalam dua bulan terakhir.

Baca Juga: Edhy Prabowo Diciduk, Aroma Reshuffle Kabinet Makin Semerbak

Kunjungan luar negeri pertama Prabowo dilakukan ke Malaysia, pada 14 November 2019. Dia menemui Menhan Malaysia Mat Sabu membahas sejumlah kerja sama di bidang pertahanan. Salah satunya, pengiriman personel TNI ke Malaysia.

Kedua, ke Thailand, pada 17 November 2019 untuk menghadiri ASEAN Defence Ministers' Meeting (ADMM). Selama di sana, Prabowo turut menggelar pertemuan bilateral dengan beberapa Menhan ASEAN maupun negara di luar ASEAN.

Ketiga, ke Turki, pada 27-29 November 2019. Di sana, Prabowo membahas kerja sama pertahanan dengan Presiden Recep Tayyip Erdogan dan Menhan Hulusi Akar. Prabowo juga mengunjungi Armada Utama Angkatan Laut Turki di Gölcük, Kocaeli. Ia meninjau langsung kapal perang kelas Korvet terbaru produksi Turki, TCG Kinaliada.

Keempat, ke China, pada 15 Desember 2019. Di Beijing, Prabowo membahas penguatan kerja sama kedua negara. Tepatnya, alih teknologi alat utama sistem senjata tentara (alutsista). Kelima, ke Jepang, 20 Desember 2019). Di sana, Prabowo bertemu Menhan Jepang membahas kerja sama pertahanan kedua negara.

Keenam, Filipina, pada 27 Desember 20219. Di Manila, Prabowo bertemu Menhan Filipina, membahas peningkatan kerja sama keamanan, khususnya di perairan Sulu dan pembebasan WNI yang disandera kelompok teroris Abu Sayyaf.

Ketujuh, ke Prancis, pada 11-13 Januari 2020. Di Paris, Prabowo mengadakan pertemuan bilateral dengan Menhan Prancis Florence Parly. Keduanya membahas langkah untuk mempererat kerja sama pertahanan dan upaya memajukan industri pertahanan Indonesia.

Kedelapan, ke Rusia, 28 Januari 20. Di Moskow, Prabowo bertemu Menhan Rusia Sergei Shoigu. Keduanya sepakat meningkatkan hubungan dan kerja sama di bidang pertahanan dan teknik militer. Setelah itu, Prabowo sempat vakum kunjungan ke luar negeri. Enam bulan berselang, tepatnya 23 Juni 2020, Prabowo melakukan kunjungan kesembilan. Lokasinya, kembali ke Rusia.

Kali ini, dia bertemu Wakil Menhan Rusia Colonel General Alexander Fomin di Kantor Kementerian Pertahanan Rusia. Selain pertemuan bilateral, Prabowo juga menghadiri parade militer untuk memperingati kemenangan Rusia atas Nazi, Jerman, dalam Perang Dunia II.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Rakyat Merdeka Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Rakyat Merdeka. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Rakyat Merdeka.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini