Sawit Bagian Penting dari Pembangunan Pedesaan

Sawit Bagian Penting dari Pembangunan Pedesaan Kredit Foto: Antara/Wahdi Septiawan

Pengembangan perkebunan kelapa sawit Indonesia yang telah dimulai sejak 1980-an merupakan bagian dari program pemerintah terkait pembangunan pertanian dan transmigrasi yang bertujuan untuk menciptakan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru di kawasan pedesaan.

Berdasarkan studi PASPI Monitor diketahui, program pemerintah tersebut tidak hanya dilakukan di daerah terpencil, tetapi juga memanfaatkan lahan semak belukar, terlantar, dan ex-logging yang banyak ditemukan di Pulau Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi.

Daerah pedesaan yang umumnya masih kosong, terisolasi, terbelakang atau lahan terdegradasi dalam bentuk semak belukar yang ditetapkan pemerintah untuk kawasan pembangunan perkebunan kelapa sawit, dikembangkan oleh perusahaan perkebunan negara/BUMN dan/atau swasta sebagai inti dan masyarakat lokal sebagai plasma dalam suatu kerja sama PIR atau bentuk kemitraan yang lain.

Baca Juga: Makin Serius Kembangkan BBN, Pemerintah Siapkan 5 Langkah Strategis

Mengingat kondisi daerah tersebut yang masih terisolasi, perusahaan swasta atau negara harus membuka access road, farm road, fasilitas kesehatan, hingga fasilitas sosial/umum yang dibutuhkan masyarakat sekitar dalam kegiatan operasional perkebunan.

Dalam laporan PASPI Monitor dituliskan, "berkembangnya perkebunan baru inti-plasma menarik investasi petani lokal untuk ikut menanam kelapa sawit sebagai perkebunan rakyat mandiri."

Kemitraan perkebunan kelapa sawit di daerah pedesaan tersebut juga telah menarik perkembangan sektor ekonomi lain di pedesaan seperti mendorong berkembangnya usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang bergerak pada supplier barang/jasa industri perkotaan, maupun pedagang hasil-hasil pertanian/perikanan/peternakan untuk kebutuhan pangan masyarakat yang berada di sekitar perkebunan kelapa sawit.

Pengembangan perkebunan kelapa sawit yang menarik investasi baru ke daerah terisolasi di pedesaan dapat mengubah daerah terbelakang menjadi pusat pertumbuhan baru. Seperti dikutip dari PASPI Monitor, hal tersebut juga terkonfirmasi oleh studi World Growth (2011) yang mengatakan bahwa perkebunan kelapa sawit di Indonesia adalah bagian penting dari pembangunan pedesaan.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini