Dua Perusahaan Milik Djoko Susanto, Alfamart & Alfamidi Ibarat Buah Jatuh Tak Jauh dari Pohon!

Dua Perusahaan Milik Djoko Susanto, Alfamart & Alfamidi Ibarat Buah Jatuh Tak Jauh dari Pohon! Kredit Foto: Sufri Yuliardi

Djoko Susanto dikenal sebagai pengusaha sekaligus pemilik jaringan bisnis minimarket Alfamart dan Alfamidi. Kedua minimarket tersebut masing-masing dioperasikan melalui PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT) dan PT Midi Utama Indonesia Tbk (MIDI).

Menilik laporan keuangan kuartal III 2020 dari kedua perusahaan tersebut, nyatanya kinerja AMRT dan MIDI tidak jauh berbeda. Baik pengelola Alfamart maupun Alfamidi sama-sama mencetak penurunan laba per September 2020. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut. Baca Juga: Hoki Parah! Perusahaan Milik Luhut Pandjaitan Kantongi Cuan Besar-Besaran!

Alfamart

PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT) membukukan laba bersih sebesar Rp638,40 miliar pada kuartal ketiga tahun 2020. Nilai tersebut tercatat 1,82% lebih rendah dari kuartal ketiga tahun 2019 lalu yang mencapai Rp650,23 miliar.  Baca Juga: Salim Group Ketiban Durian Runtuh! Keuntungan Duo Indofood Gak Main-Main Gedenya!

Pada saat yang bersamaan, Alfamart mencetak kenaikan pendapatan sebesar 4,18% secara tahun ke tahun. Jika per September 2019 lalu pendapatan Alfamart hanya Rp54,11 triliun, angkanya melonjak menjadi Rp56,37 triliun per September 2020. Kenaikan pendapatan tersebut ditopang oleh perbaikan kinerja dari tiga sumber pemasukan Alfamart.

Untuk bisnis makanan, Alfamart mengantongi kenaikan pendapatan dari Rp36,62 triliun pada tahun lalu menjadi Rp37,46 triliun pada tahun ini. Bisnis minuman juga menyumbang pendapatan yang lebih besar, yakni dari sebelumnya Rp17,48 triliun menjadi Rp18,89 triliun. Hal yang sama juga berlaku untuk bisnis jasa yang kontribusinya naik dari Rp12,01 miliar menjadi Rp18,88 miliar.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini