Drakor StartUp Curi Perhatian Pengusaha, Bagaimana Realita StartUp yang Sebenarnya?

Drakor StartUp Curi Perhatian Pengusaha, Bagaimana Realita StartUp yang Sebenarnya? Kredit Foto: Instagram/startup_tvndrama

Drama Korea StartUp semakin mencari perhatian banyak orang. Tak hanya para penggemar drama Korea, tetapi juga berhasil menarik perhatian para pengusaha, terutama di Indonesia. Drama Korea StartUp menceritakan perjalanan Nam Do San dan Seo Dal Mi membangun sebuah perusahaan rintisan. Lantas, benarkah realita membangun StartUp seperti itu?

Dalam YouTube Channel Merry Riana yang bertajuk 'Drama Korea Start-Up & Founder Institute Indonesia - Andy Zain & Merry Riana' membuka tabir-tabir bagaimana sebuah perusahaan StartUp berjalan.

Baca Juga: Kisah Startup: Pandemi, Begini Strategi Pemasaran Digital Insurtech Qoala

Dalam drama Korea StartUp, ada sebuah tempat bernama SandBox yang akan menjadi mentor bagi perusahaan rintisan. Lantas, apakah di Indonesia ada tempat seperti itu? Sayangnya, Andy Zain yang merupakan Founder Kejore Venture mengungkap bahwa di Indonesia, tempat seperti SandBox tidak ada.

Tetapi, ia menceritakan beberapa StartUp Indonesia seperti Tokopedia, Traveloka hingga Kejora Venture sendiri terbentuk karena mindset 'SandBox'. Andy mengungkapkan, memiliki mindset 'SandBox' itu sendiri lebih penting daripada tempat atau wadah seperti SandBox.

Mindset 'SandBox' adalah bagaimana orang-orang bisa berpikir mengumpulkan ide-ide terbaik, berkumpul, lalu membicarakan ide bisnis hingga terbentuk sebuah tim. Mulai dari mengumpulkan skill manajemen hingga skill desain sangat dibutuhkan untuk memulai StartUp.

Karena itulah penting untuk kerja sama tim dalam memulai StartUp. Spirit dan mindset SandBox itu sejatinya telah tercipta pada rentetan StartUp di Indonesia. Andy Zain menceritakan bagaimana dulu mereka saling berbagi kantor hingga melaksanakan Demo Day di kantor Kejora yang merupakan venture capital tetapi Demo Day yang berjalan justru dari beragam visi StartUp.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini