Pajak Tinggi Para Miliarder Dunia Bisa Akhiri 50% Kemiskinan Global

Pajak Tinggi Para Miliarder Dunia Bisa Akhiri 50% Kemiskinan Global Kredit Foto: Reuters/Joshua Roberts

Ada sekitar 7,6 miliar orang yang menjadi populasi manusia di Bumi. Tetapi, menurut data majalah Forbes pada April tahun ini, 'hanya' ada sekitar 2.095 miliarder di seluruh dunia. Namun, sejak terjadinya krisis ekonomi karena dampak Covid-19 ini, jumlah miliarder dunia berkurang hingga 58 orang dibandingkan tahun lalu.

Dilansir dari The Sun di Jakarta, Rabu (2/12/2020) kelompok itu dikenal sebagai 1 persen global, namun menguasai 44,8 persen kekayaan dunia. Kekayaan bersih seorang miliarder cenderung terikat pada saham perusahaan individu yang bisa sangat tidak stabil tergantung pada operasi sehari-hari atau peristiwa dunia.

Baca Juga: Terungkap Jumlah Miliarder di Seluruh Dunia, Negara Mana yang Terbanyak?

Sebuah analisis menunjukkan bahwa jika negara-negara mengadopsi tarif pajak tertinggi untuk orang-orang super kaya di negara mereka, maka hal itu bisa mengakhiri hingga 50 persen kemiskinan ekstrem global, menurut Vox.

Bank Dunia mengutarakan kemiskinan ekstrem ketika pendapatan rumah tangga per kapita sekitar USD1,90 internasional per hari atau sekitar Rp26.880 per hari. Pada 2013, sekitar 42 persen Afrika Sub-Sahara berpenghasilan sebanyak itu setiap hari, menjadikan mereka yang termiskin dibandingkan dengan bagian dunia lainnya.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini