Bos SpaceX: Kami Akan Mendaratkan Manusia di Mars pada Tahun 2026

Bos SpaceX: Kami Akan Mendaratkan Manusia di Mars pada Tahun 2026 Kredit Foto: Reuters/Aaron P. Bernstein

CEO SpaceX Elon Musk mengaku sangat yakin bahwa perusahaannya akan mendaratkan manusia di Mars pada tahun 2026, ia mengatakan bahwa tujuan itu dapat dicapai sekitar enam tahun dari sekarang.

“Jika kami beruntung, mungkin empat tahun,” kata Musk, berbicara di webcast acara penghargaan dari Berlin, Jerman. "Kami ingin mengirim kendaraan tanpa awak ke sana dalam dua tahun."

Dilansir dari CNBC International di Jakarta, Rabu (2/12/2020) tujuan ambisius 2026 Musk cocok dengan apa yang diuraikannya di Kongres Astronotika Internasional pada September 2016. Saat itu, ia mengatakan bahwa jika semuanya berjalan sangat baik, maka mendaratkan orang di Mars akan terjadi waktu 10 tahun dari tahun 2016.

Baca Juga: Perjalanan Elon Musk untuk Saingi Harta Orang Terkaya Dunia Masih Panjang

Kunci untuk mencapai tujuan itu adalah pengembangan roket Starship milik SpaceX yang merupakan kendaraan baja tahan karat yang dibuat oleh perusahaan dengan tujuan meluncurkan kargo dan sebanyak 100 orang sekaligus.

Roket Starship tidak seperti armada SpaceX dari roket Falcon 9 dan Falcon Heavy yang sebagian dapat digunakan kembali. Tujuan Musk membuat Starship adalah dapat digunakan kembali sepenuhnya. Ia ingin menjadikan Starship seperti pesawat komersial dengan waktu penyelesaian yang singkat antara penerbangan di mana satu-satunya biaya utama adalah bahan bakar.

Meski pengembangan Starship di Boca Chica, Texas bergerak cepat, namun sayang tidak secepat yang diharapkan Musk saat meluncurkan prototipe roket pertama pada September 2019. Saat itu, ia memperkirakan Starship dapat mencapai orbit pada Maret 2020. Tetapi sekarang, SpaceX mengharapkan uji penerbangan orbital pertama bisa terjadi pada tahun 2021.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini