Menkes: Pemenang IHIA IV-2020 & IHIE I-2020, Inovatif dan Solutif

Menkes: Pemenang IHIA IV-2020 & IHIE I-2020, Inovatif dan Solutif Kredit Foto: Rahmat Saepulloh

Setelah melalui proses penjurian ketat, Indonesia Healthcare Forum (IndoHCF) akhirnya menetapkan peraih penghargaan Indonesia Healthcare IV tahun 2020. Seleksi babak penjurian IHIA-IV telah diselenggarakan secara virtual pada tgl 23-27 November 2020 dengan para juri yang berasal dari perwakilan 18 institusi/organisasi termasuk didalamnya Kemenkes RI, Kemenristek/BRIN dan LIPI. 

Baca Juga: Meningkat, Kemenkes Bilang 70% Masyarakat Disiplin Terapkan Protokol Kesehatan

Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan dari 56 Hours of Scientific Meeting and Exhibition: Smart Strategy and Innovation Management During and After COVID-19 Era yang diselenggarakan IndoHCF dan idsMED Learning Academy (iLA) bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan RI, sekaligus memperingati hari kesehatan nasional yang ke 56.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan melalui ajang IHIA IV, 2020 dapat terjalin kolaborasi yang sinergis antara peneliti dan akademisi dengan industri serta pemerintah sehingga dapat terwujud pengembangan industri alkes dalam negeri berbasis riset serta hilirisasi hasil penelitian dapat berjalan dengan baik dan menghasilkan produk kesehatan dalam negeri yang berdaya saing untuk tercapainya kemandirian alat kesehatan. 

"Semoga penghargaan yang diberikan semakin menguatkan tekad kita untuk berinovasi menuju kemandirian sebagai bangsa yang penuh inovasi," kata Menkes, dalam keterangan resminya, Selasa (1/12/2020).

Adapun, Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional Bambang Brodjonegoro mengatakan, pandemi Covid-19 dapat menjadi titik tolak bagi inovator-inovator Indonesia untuk membangun industri alat kesehatan dan obat yang selama ini masih banyak bergantung pada impor.

"Saya berharap kolaborasi kegiatan riset dan inovasi yang telah dan akan dilakukan dapat membuat masyarakat kembali optimis dan positif bahwa Indonesia dapat segera melewati masa pandemi ini," ujarnya.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini