Mencari Dalang Pembunuh Bapak Nuklir, Oposisi Iran Duet Sama Israel?

Mencari Dalang Pembunuh Bapak Nuklir, Oposisi Iran Duet Sama Israel? Kredit Foto: Tasnim News

Kelompok Oposisi Iran dicurigai bekerja bersama Israel dalam pembunuhan ilmuwan nuklir Iran Mohsen Fakhrizadeh. Kelompok yang dicurigai disebut dengan istilah Monafeghin, yang digunakan para pejabat untuk merujuk pada Dewan Nasional Perlawanan Iran (NCRI).

Sekretaris Dewan Keamanan Nasional Tertinggi Iran, Ali Shamkhani, mengatakan kepada TV pemerintah, bahwa pembunuhan ini sangat rumit masalahnya yang dilakukan dari jarak jauh dengan perangkat elektronik.

Baca Juga: Tewasnya Ilmuwan Iran Guncang Timteng, Israel Nyeletuk: Dunia Harusnya Berterima Kasih

"Kami memiliki beberapa petunjuk, namun pasti kelompok 'Monafeghin' terlibat dan elemen kriminal di baliknya adalah rezim Zionis (Israel) dan Mossad," ujarnya mengacu pada dinas intelijen luar negeri Israel.

Monafeghin adalah istilah yang digunakan para pejabat untuk merujuk pada Dewan Nasional Perlawanan Iran (NCRI) yang berbasis di Paris. Kelompok itu adalah sebuah blok oposisi di pengasingan yang berupaya mengakhiri pemerintahan pendukung Khamenei.

Sementara itu, Press TV melaporkan bahwa senjata yang digunakan dalam pembunuhan Jumat lalu dibuat di Israel. "Senjata yang dikumpulkan dari lokasi aksi teroris memiliki logo dan spesifikasi industri militer Israel," kata sumber yang tidak disebutkan namanya kepada Press TV.

Hingga kini, belum ada jawaban langsung dari pejabat Israel yang bisa dihubungi untuk mengomentari laporan tersebut. Berbicara sebelum laporan Press TV, menteri intelijen Israel Eli Cohen mengatakan kepada stasiun radio 103 FM bahwa dia tidak tahu siapa yang bertanggung jawab.  

"Kami memiliki supremasi intelijen regional, dan dalam hal ini kami siap, kami meningkatkan kewaspadaan, di tempat-tempat yang diperlukan," kata dia.

Fakhrizadeh dimakamkan di Masjid Emamzade Saleh di Teheran utara pada Senin (30/11/2020) waktu setempat. Menteri Pertahanan negara berjanji bahwa Republik Islam akan membalas pembunuhannya. Para ulama dan penguasa militer Iran menyalahkan Israel atas pembunuhan Fakhrizadeh.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini