PDIP Minta Pemrov DKI Tegas Atur Masyarakat di Rumah Aja saat Libur Panjang

PDIP Minta Pemrov DKI Tegas Atur Masyarakat di Rumah Aja saat Libur Panjang Kredit Foto: Antara/Wahyu Putro A

Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta, Gembong Warsono meminta Pemprov DKI untuk lebih tegas mengatur masyarakat agar tetap berada di rumah selama libur panjang akhir tahun 2020 mendatang. Menurut Gembong, hal itu perlu dilakukan untuk mencegah melonjaknya kasus positif Covid-19 usai liburan panjang.

“Pengaturannya bagaimana? Ya mungkin cukup di rumah dengan keluarga dan sebagainya. Nah, pemerintah pasti bisa melakukan pengaturan seperti itu,” kata Gembong di Jakarta, Jumat (27/11).

Gembong mengaku tidak mempermasalahkan pelaksanaan libur panjang akhir tahun 2020 di tengah pandemi Covid-19. Menurut dia, masa libur itu juga sangat penting bagi masyarakat untuk beristirahat sejenak dari rutinitas sehari-hari.

Baca Juga: Lantang Banget! Rocky Gerung Teriakkan Kalau PDIP Berbohong

Namun, ia menyebut, yang menjadi perhatian khusus selama pelaksanaan libur panjang adalah mencegah terjadinya kerumunan orang dalam jumlah besar yang berpotensi menimbulkan penyebaran virus corona.

"Soal libur panjang, menurut saya libur itu penting dan sangat perlu. Tapi bagaimana kita tidak membuat orang bergerak. Orang jenuh juga kan (bekerja), perlu ada refreshing, tapi mungkin referensinya perlu diatur,” jelas Gembong.

Dia menilai, selain mengeluarkan imbauan agar masyarakat tetap berada di rumah selama liburan, Pemprov DKI juga dapat mengeluarkan aturan lainnya. Salah satunya, yakni melarang aparatur sipil negara (ASN) untuk pergi berlibur keluar rumah, terutama ke luar kota.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini