Tak Semua Orang Bisa Divaksin, Ternyata Ada Beberapa yang Gak Bisa! Kamu Salah Satunya Bukan?

Tak Semua Orang Bisa Divaksin, Ternyata Ada Beberapa yang Gak Bisa! Kamu Salah Satunya Bukan? Kredit Foto: Antara/Nyoman Hendra Wibowo

Pandemi Covid-19 memang membuat orang harus menerapkan protokol kesehatan dengan ketat dan bepergian ke tempat yang ramai orang. Tapi, kabar baik suksenya uji coba vaksin nampaknya membawa harapan baru.

Ada lebih dari 45 perusahaan yang sedang mengembangkan vaksin Corona tersebut. Tujuh di antaranya sudah dalam tahap kritis peluncuran, sedang dipandang sebagai kandidat paling menjanjikan.

Tapi, ada kemungkinan vaksin ini mungkin tidak cocok untuk semua orang, meskipun telah melakukan upaya terbaik. Perlu diingat bahwa ada juga orang yang tidak bisa, atau tidak disarankan untuk menjalani proses vaksinasi antara lain.

Baca Juga: IDI Berharap Pemerintah Sediakan Vaksin Covid-19 untuk Seluruh Masyarakat

Alergi vaksin

Orang yang memiliki alergi tertentu, atau menderita komplikasi yang mengancam mungkin disarankan untuk menunggu sebelum mereka mendapatkan suntikan Covid-19 eksperimental. Karena ini adalah pertama kalinya vaksin Covid-19 dikembangkan, kemungkinan efek sampingnya akan lebih tinggi dari sebelumnya.

Baca Juga: Jika Vaksinasi Berjalan, Bisa Hentikan Penularan, Pulihkan Kesehatan, dan Bangkitkan Ekonomi

Punya penyakit autoimun

Vaksin bekerja untuk melindungi mereka yang memiliki kekebalan lemah atau termasuk dalam kategori berisiko tinggi. Namun, orang-orang yang kekebalannya terganggu secara serius, menderita komplikasi kronis yang dapat memengaruhi fungsi kekebalan mereka mungkin tidak memberikan tanggapan yang kuat.

Berusia di bawah 14 tahun

Bayi dan balita dapat bertindak sebagai penyebar Covid-19 dan dalam kasus yang jarang terjadi, bahkan dapat menderita komplikasi yang mengancam jiwa karena virus itu. Membuat vaksin untuk mereka juga penting untuk membuka kembali sekolah dan pusat rekreasi dengan aman.

Lihat Sumber Artikel di Okezone Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Okezone. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Okezone.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini