Menyambut Era Baru Pengurus MUI: Sehati dengan Jokowi

Menyambut Era Baru Pengurus MUI: Sehati dengan Jokowi Kredit Foto: Minews

Musyawarah Nasional X Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah memilih KH Miftachul Akhyar sebagai Ketua Umum menggantikan KH Ma'ruf Amin. Pengurus MUI juga diisi muka-muka baru. Pentolan Kesatuan Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) dan tokoh Persaudaraan Alumni 212 tak masuk jajaran pengurus.

Munas MUI X yang digelar di Hotel Sultan, Jakarta itu, berlangsung tiga hari yakni periode 25-27 November 2020. Dibuka oleh Presiden Jokowi pada Rabu (25/11/2020) malam dan ditutup oleh Wapres Ma'ruf Amin pada Jumat (27/11/2020) pagi.

Baca Juga: Tengku Zulkarnain Out dari Pengurus MUI, PA 212 Bongkar Fakta: Gara-Gara....

Pada Kamis malam, Tim Formatur yang beranggotakan 17 orang menggelar rapat tertutup untuk memilih ketua umum. Hasilnya, rapat yang dipimpin Ma'ruf Amin itu, sepakat memilih KH Miftachul Akhyar sebagai nakhoda MUI yang baru.

Miftachul adalah Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). Dia juga pengasuh pondok pesantren Miftachus Sunnah, Surabaya.  Kiai Ma'ruf yang memimpin rapat formatur menceritakan proses pemilihan Ketua Umum. Menurut dia, prosesnya sangat cair dan tidak alot.

"Hasilnya tidak boleh diganggu-gugat," kata Ma'ruf.

Susunan pengurus MUI periode 2020-2025 sebagian besar berisi wajah-wajah baru. Hanya beberapa nama yang masih bertahan seperti Kiai Ma'ruf yang kini didaulat sebagai Ketua Dewan Pertimbangan, Amirsyah ditetapkan sebagai Sekretaris Jenderal, dan Anwar Abbas sebagai Wakil Ketua Umum.

Sementara nama-nama yang terkait dengan KAMI dan PA 212 terdepak dari kepengurusan baru. Misalnya, Bachtiar Nasir, Yusuf Martak, dan Tengku Zulkarnain. Ketiga nama tersebut tokoh aksi 212. Bachtiar Nasir adalah Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) MUI yang merupakan motor gerakan 212.

Din Syamsuddin yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua Dewan Pertimbangan juga terpental dari kepengurusan. Din merupakan salah satu deklarator KAMI.

Baca Juga: Terdepak dari MUI, Eh Tengku Zul Disuruh Main Ayam dan Organ Tunggal, Tarek Sis!

Secara umum, dalam kepengurusan MUI yang baru ini tak ada nama-nama yang berseberangan dengan pemerintahan Jokowi. Bahkan, bila mendengar sambutan Jokowi saat membuka Munas dan Miftakhul Akhyar selesai terpilih, keduanya sudah satu hati.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Rakyat Merdeka Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Rakyat Merdeka. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Rakyat Merdeka.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini