Apa Itu Homepage SEO?

Apa Itu Homepage SEO? Kredit Foto: Unsplash/Marvin Meyer

Homepage atau beranda adalah bagian penting untuk semua situs web. Jika Anda memiliki blog, situs web perusahaan, atau toko e-commerce, Anda perlu melakukan strategi homepage SEO, meskipun beranda bukan menjadi salah satu halaman yang Anda harapkan untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi di hasil pencarian. Untuk itu, mari kita simak dalam artikel berikut ini.

Pengertian dari Homepage SEO

Homepage (beranda) SEO adalah cara mengoptimalkan mesin pencarian dengan menggunakan bagian homepage atau beranda situs web Anda.

Baca Juga: Apa Itu Video SEO?

Apakah homepage SEO sebenarnya ada? Nah, ada banyak pendapat yang saling bertentangan mengenai masalah ini. Namun, saya percaya bahwa meskipun Anda harus mengoptimalkan beranda situs Anda (bagian ini adalah aset yang dapat diberi peringkat pencarian) bagaimanapun juga, Anda tidak perlu terlalu pusing memikirkannya.

Karena pada akhirnya, beranda harus dapat memberi peringkat pencarian untuk kata kunci bermerek. Nah, bukan berarti nilai SEO-nya menjadi minimal. Justru sebaliknya. Beranda adalah landing page utama Anda. Bagian ini juga satu-satunya tempat pengunjung untuk dapat kembali jika mereka tersesat saat mencari informasi tertentu di halaman Anda.

Namun, beranda seharusnya bukan menjadi laman yang mengarahkan trafik dari kata kunci tertentu, biasanya komersial. Sebaliknya, beranda akan muncul di hasil penelusuran setiap kali seseorang mencari sesuatu seputar merek atau bisnis Anda.

Mungkin ada beberapa pengecualian. Banyak perusahaan SaaS (Software as a Service) yang menyertakan kata kunci kategori di metadata beranda. Dalam kasus ini, melakukan cara itu mungkin masuk akal. Untuk perusahaan yang bergerak di bidang itu, beranda mungkin memainkan peran yang komersial. Dalam banyak kasus, ini mungkin menjadi salah satu bagian dari segelintir halaman di seluruh situs web.

Situs bisnis travel juga dapat mengoptimalkan beranda untuk kategori utamanya. Perlu diperhatikan bahwa untuk situs multi-lokasi, halaman lokasi individual dapat dioptimalkan untuk kata kunci tersebut. Oleh karena itu, situs perusahaan menampilkan halaman internal khusus, dan ini difokuskan untuk bisa meningkatkan peringkat pada penggunaan kata kunci komersial tertentu.

Mengapa Homepage Penting untuk SEO?

Ada dua alasan utama yang bisa dijelaskan:

• Beranda sering kali menjadi titik masuk utama bagi crawler. Terlebih lagi, Google akan menggunakan konten yang ada di beranda untuk menentukan seberapa relevan situs Anda dengan calon pengunjung serta untuk dapat menentukan otoritas Anda dalam suatu kategori atau area pasar. Akibatnya, Anda perlu menggunakan kata kunci komersial yang spesifik di beranda sehingga akan memberi sinyal otoritas suatu topik yang lebih luas ke mesin pencari.

• Beranda memperoleh link organik yang paling banyak. Link ini sering kali datang melalui mention media serta aktivitas humas lainnya.

Cara Optimalkan Homepage Situs Web

Bagaimana caranya membuat beranda yang dapat membantu SEO?

Homepage SEO lebih berfokus pada memastikan bahwa halaman memberikan fungsi utama SEO, yaitu memberikan titik awal untuk meng-crawl situs, mengomunikasikan otoritas yang memiliki topik, dan menarik link organik.

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk memastikan hal di atas dapat berjalan tuntas, yaitu:

1. Menyertakan penjelasan tentang apa yang dilakukan perusahaan

Beranda sering kali menjadi titik masuk utama bagi pengguna. Oleh karena itu, bagian ini akan menyambut mereka ke situs bisnis Anda dan membantu banyak pengunjung untuk memahami dua hal penting tentang bisnis:

• Apa yang dilakukan perusahaan Anda; dan

• Apa yang membedakannya dari banyak vendor sejenis.

Beranda juga harus dapat membantu pengunjung untuk mencapai tujuan mereka dengan menyediakan navigasi yang jelas dan mudah digunakan, serta ajakan untuk bertindak seperti melakukan pembelian.

Menyertakan penjelasan yang jelas tentang apa yang sudah dilakukan perusahaan, bagaimana caranya dalam membantu pelanggan, dan bahkan siapa saja yang ingin dibantu akan membuat halaman ini lebih relevan dengan trafik yang telah ditargetkan.

Hasilnya: Anda akan mendapatkan bounce ratio yang lebih rendah, metrik keterlibatan yang lebih baik, dan pengalaman pengguna yang baik, semuanya akan berkontribusi pada peringkat dan visibilitas pencarian yang lebih baik.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini