Penting! Sebelum Vaksinasi Covid-19, Harus Ada Sosialisasi dan Edukasi

Penting! Sebelum Vaksinasi Covid-19, Harus Ada Sosialisasi dan Edukasi Kredit Foto: Antara/REUTERS/Thomas Peter

Ketua Pelaksana Komite Kebijakan Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Daerah Provinsi Jawa Barat, Setiawan Wangsaatmaja, menyatakan proses sosialisasi dan edukasi sangat penting dalam vaksinasi COVID-19.

Jika proses sosialisasi dan edukasi berjalan optimal, kata Setiawan, proses vaksinasi di Jawa Barat tidak akan mengalami hambatan. Masyarakat bakal turut menyukseskan proses tersebut.

Baca Juga: Tangani Covid-19, G20 Komitmen Optimalkan Kerja Sama Global

"Kita harus meyakinkan masyarakat. Artinya, agar masyarakat mengenal vaksin," kata Setiawan yang juga Sekda Provinsi Jawa Barat, saat membuka Rapat Koordinasi Divisi Komunikasi Publik Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 se-Jabar, belum lama ini.

Setiawan melaporkan kesiapan Jawa Barat untuk menggelar vaksinasi COVID-19. Menurut dia, Jawa Barat sudah mempersiapkan 1.087 puskesmas, 259 kulkas penyimpanan vaksin di gudang vaksin, 1.462 kulkas vaksin di puskesmas dan 1.090 vaksinator. 

Dalam proses sosialisasi dan edukasi vaksinasi COVID-19, kata Setiawan, pihaknya mengedepankan data dan fakta. Selain itu, beriorientasi pada hasil, pengelolaan mitra sosialisasi, dan informasi yang disampaikan kepada masyarakat. 

"Strateginya, pertama data-data (yang disampaikan) harus akurat, mau tidak mau kita harus berdasarkan data dan fakta seperti apa di lapangan. Kedua, harus orientasi pada hasil," ucapnya.

"Kemudian kita perlu mitra di dalam pelaksanaannya nanti untuk bisa kita sama-sama sampaikan ini. Lalu, sharing informasi publik dengan masyarakat untuk mempengaruhi perilaku seseorang," lanjutnya.

Diketahui, jumlah kasus COVID-19 saat ini masih tinggi. Untuk itu, cara yang paling efektif dilakukan untuk mencegah penularan yaitu dengan mematuhi protokol kesehatan dan selalu melakukan 3M: Memakai Masker, Menjaga Jarak dan jauhi kerumunan serta Mencuci Tangan Pakai Sabun.

Ingat, terus terapkan gerakan 3M: memakai masker, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan, serta mencuci tangan.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #ingatpesanibupakaimasker #ingatpesanibujagajarak #ingatpesanibucucitangan #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini