Menengok Gereja Penyembah Maradona yang Jemaahnya Sampai 200 Ribu Orang!

Menengok Gereja Penyembah Maradona yang Jemaahnya Sampai 200 Ribu Orang! Kredit Foto: HBO

Pada umumnya, orang-orang mengagumi bintang sepakbola dengan mencetak nama bintang tersebut di bagian belakangseragam atau membuat tato wajah maupun nama sang bintang di tubuh.

Namun, di Argentina ada agama yang didedikasikan khusus untuk memuja Diego Armando Maradona, sang legenda sepakbola yang telah meninggal dunia pada Rabu kemarin. Sang legenda sepakbola meninggal setelah mengalami serangan jantung.

Baca Juga: 'Tangan Tuhan' Meninggal, Maradona Sempat Kirim Pesan ke Prabowo: Anda Harus Menang!

Mengutip 90min, Rabu (25/11/2020), Iglesia Maradoniana (the Church of Maradona/Gereja Maradona) adalah agama yang didirikan oleh tiga penggemar sang legenda—Hector Campomar, Alejandro Veron, dan Hernan Amez—pada tahun 1998 di kota Rosario, kota asal Maradona di Argentina.

Ulang tahun Maradona, 30 Oktober, diabadikan sebagai hari Natal agama tersebut. Tanggal 22 Juni, yang merupakan hari di mana Maradona mencetak dua gol melawan Inggris di Piala Dunia 1986—gol kedua yang secara luas dianggap sebagai gol terbesar dalam sejarah sepakbola—dijadikan sebagaihari Paskah.

Ketiga penggemar itu memprediksi gereja tersebut menampung 30 hingga 40 orang, mencakuporang-orang yang berbagi cinta mereka kepada mantan pemain klub Napoli itu.

Sekarang agama tersebut memiliki sekitar 120.000-200.000 anggota yang terdaftar, yang berasal dari 130 lebih negara di dunia.

"Agama kami adalah sepakbola dan, seperti semua agama, itu pasti memiliki Tuhan," kata Alejandro Veron, anggota gereja, kepada Guardian pada tahun 2008. "Kami tidak akan pernah melupakan keajaiban yang dia tunjukkan di lapangan dan semangat yang dia bangun pada kami, para fanatik."

“Realitas gereja, berbeda dengan apa yang dipikirkan mayoritas, adalah bahwa itu bukanlah sebuah bangunan; gereja adalah orang-orangnya, mereka yang setia kepada Maradona,” kata salah satu pendiri agama tersebut, Amez, kepada ESPN pada tahun 2018.

"Ketika kami berbicara tentang sepakbola, yang berbeda, di luar dunia ini, selalu Maradona."

Iglesia Maradoniana bukanlah bangunan gereja secara fisik; itu adalah kumpulan perjalanan afinitas terhadap Maradona. Gereja melakukan perjalanan melintasi Argentina, dengan pilihan gambar, patung, dan ornamen yang digunakan kelompok ini untuk disembah. Para anggota gereja menyelesaikan pembaptisan mereka dengan menciptakan kembali gol Tangan Tuhan Maradona dari Piala Dunia 1986.

Gereja Maradona juga dilengkapi dengan 10 perintahnya sendiri, yakni;

1. Bola tidak pernah kotor.

2. Cintai sepakbola di atas segalanya.

3. Nyatakan cinta tanpa syarat untuk Diego dan keindahan sepakbola.

4. Pertahankan seragam Argentina.

5. Sebarkan berita keajaiban Diego ke seluruh alam semesta.

6. Hormati kuil tempat dia bermain dan seragam sucinya.

7. Jangan menyatakan Diego sebagai anggota tim mana pun.

8. Mengkhotbahkan dan menyebarkan prinsip-prinsip Gereja Maradona.

9. Jadikan Diego nama tengah Anda dan beri nama putra pertama Anda Diego.

10. Jangan hidup terasing dari kenyataan dan jangan sia-sia.

Para penganut agama itu juga memiliki doa khusus. "Diego kami yang berseni di bumi. Dikuduskanlah kaki kirimu. Kejaibanmu datang, golmu diingat."

Seorang pengguna akun Twitter @Buchi_Laba juga berbagi cerita tentang agama tersebut. "Maradona membuat jutaan orang menyukai sepakbola karena dia adalah seorang artis dan bukan hanya polanya tetapi juga karakter dan sikapnya.

Dia begitu hebat sehingga disembah (Iglesia Maradoniana adalah sebuah agama). Gereja Maradona. R.I.P yang Agung," tulis dia.

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini