Dolar AS Keok Lawan Rupiah, Semua Itu Berkat Menteri Sri Mulyani Lho!

Dolar AS Keok Lawan Rupiah, Semua Itu Berkat Menteri Sri Mulyani Lho! Kredit Foto: Antara/Dhemas Reviyanto

Nilai tukar rupiah berhasil membuat dolar AS keok ke kisaran Rp14.100-an pada perdagangan spot Kamis, 26 November 2020 pagi. Kabar baik yang datang dari Menteri Keuangan, Sri Mulyani, menjadi amunisi bagi rupiah untuk perkasa melawan dolar AS dan banyak mata uang lainnya.

Melalui sambungan virtual, Sri Mulyani menyebut bahwa ekonomi Indonesia menjadi yang terbaik kedua setelah China berdasarkan laporan terbaru yang dirilis Dana Moneter Internasional (International Monetary Fund/IMF) di sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20. Baca Juga: Sudah Jatuh ke Rp950 Ribuan, Harga Emas Antam Hari Ini Jalan di Tempat! 

"Indonesia itu nomor 2 paling baik ekonominya. Pertama China yang tidak mengalami kontraksi kemungkinan tahun ini tumbuh 1,9%," pungkas Sri Mulyani beberapa waktu lalu. Baca Juga: Donald Trump Lapang Dada, Nilai Tukar Rupiah Ngamuk di Asia dan Dunia!

Benar saja, rupiah menjadi lebih percaya diri dengan terapresiasi 0,27% ke level Rp14.103 per dolar AS pada Kamis pagi. Bahkan, tiga mata uang global lainnya juga dibuat keok oleh rupiah, yakni dolar Australia (0,33%), poundsterling (0,27%), dan euro (0,23%). 

Hampir semua mata uang Asia pun tunduk kepada Sang Garuda, kecuali dolar Taiwan (-0,73%). Selebihnya, rupiah menghijau atas baht (0,43%), ringgit (0,35%), dolar Hong Kong (0,33%), dolar Singapura (0,26%), won (0,23%), yen (0,16%), dan yuan (0,09%).

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini