Bangkitkan UMKM, Generasi Milenial Harus Jadi Agen Perubahan

Bangkitkan UMKM, Generasi Milenial Harus Jadi Agen Perubahan Kredit Foto: Sufri Yuliardi

Bank Indonesia (BI) mengajak generasi milenial menjadi agen perubahan dalam mendobrak bangkitnya produk-produk lokal kreatif dan inovatif UMKM dalam ekosistem ekonomi digital.

"Sebagai generasi penerus bangsa yang akan menjadi motor penggerak usaha lokal dan UMKM, generasi milenial harus memiliki rasa cinta dan bangga terhadap produk buatan Indonesia," kata Deputi Gubernur Senior BI, Destry Damayanti, pada kegiatan Festival Edukasi Bank Indonesia (FESKABI) hari pertama dengan topik “Strengthening Local Brand Through Digital Economy” yang digelar secara virtual hari ini (25/11/2020) di Jakarta.

Lebih lanjut ia menyampaikan tren aktivitas digital yang meningkat harus dimanfaatkan sebagai peluang khususnya dalam memajukan UMKM Indonesia. Untuk terus mendukung kemajuan perekonomian khususnya melalui platform digital, BI telah mempersiapkan berbagai inovasi kebijakan untuk mendorong integrasi ekonomi dan keuangan digital.

Baca Juga: Hai Milenial, Masa Depan UMKM Ada di Tanganmu

"Hadirnya QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) yang kini telah dipergunakan oleh lebih dari 5 juta merchant di seluruh Indonesia membantu memperluas akses pelaku UMKM dalam melakukan usaha secara digital sekaligus meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia," ungkapnya.

Selain itu, BI juga memfasilitasi program onboarding UMKM yang dilakukan melalui pembelajaran secara daring terkait dengan strategi UMKM agar terkoneksi dengan platform digital, teknik fotografi, logistik, dan membuat pembukuan, serta hal lainnya yang mendukung UMKM di era digital.

Mengusung tema besar “Yuk, Manfaatkan Transaksi Digital untuk Kemajuan Ekonomi Nasional!”, FESKABI 2020 yang dilaksanakan secara virtual pada 25-27 November 2020 diharapkan dapat meningkatkan pemahaman generasi milenial tentang kebijakan terkini BI.

Turut hadir sebagai pembicara, Direktur PT. Indofood Sukses Makmur, Axton Salim, CEO & Founder BLP Beauty, Lizzie Parra, dan CBO & Co-founder Kopi Kenangan, James Prananto, dan Direktur Departemen Komunikasi BI, Junanto Herdiawan.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini