Kabar Baik! Tenaga Pendidik di Jabar Bisa Cicil Rumah Murah

Kabar Baik! Tenaga Pendidik di Jabar Bisa Cicil Rumah Murah Kredit Foto: Rahmat Saepulloh

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat memberikan keringanan cicilan rumah sebesar Rp900 ribu bagi tenaga pendidikan non PNS di 17 Kabupaten/Kota.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (Emil) mengatakan mayoritas tenaga pendidikan tinggal di rumah kontrakan. Untuk itu, pihaknya ingin mempermudah kepemilikan rumah dengan persyaratan ke Bank BJB selaku fasilitator pendanaan. Baca Juga: Habib Rizieq Effect, Ridwan Kamil Bakal Senasib dengan Anies Baswedan, Dikuliti Polisi

"Program Bhakti ke Guru (Bhataru) salah satunya memberikan subsidi rumah Buat guru, penjaga, tata usaha, semua yang berada di lingkungan sekolah," kata Emil kepada wartawan saat memperingati Hari Guru Nasional di Depok, Rabu (25/11/2020).

"Di 17 lokasi memberikan rumah dengan kemudahan persyaratan, kami menyadari mayoritas banyak guru-guru yang masih ngontrak, dengan tidak selalu harus menaikan pendapatan tapi menurunkan pengeluaran. Daripada biasanya cicilan untuk kontrak kita geser pada rumah milik sendiri," jelasnya. Baca Juga: BTN Ajak Himpunan Pengembang Sukseskan Program Sejuta Rumah

Adapun persyaratannya, pendapatan dibawah 8 juta, cicilan per bulannya dibawah Rp 900 ribu. "Syaratnya, saya kira bisa diatur. Tipe Rumahnya disesuaikan, rata - rata di 150 juta," katanya.

"Sementara ada 20 ribu unit yang sudah tersedia, tapi jumlah guru di atas 200 ribuan, kita cari lagi lokasi lokasi. Kita sudah punya bank sendiri sudah diarahkan memfasilitasi," pungkasnya.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini