Kisah Perusahaan Raksasa: Pebisnis yang Juga Mantan Dosen Sukses Besarkan China Pacific Construction

Kisah Perusahaan Raksasa: Pebisnis yang Juga Mantan Dosen Sukses Besarkan China Pacific Construction Kredit Foto: China Pacific Construction Group

China Pacific Construction Group (CPCG) adalah salah satu perusahaan investasi infrasturktur dan konstruksi swasta papan atas China. Kantor pusatnya terletak di wilayah Urumqi, Xinjiang, China. 

Pada 1986 CPCG didirikan tetapi dengan nama Huai'an YinJiang Construction, atau umumnya disebut YinJiang Company. Pendirinya adalah pebisnis CHina bernama Yan Jiehe. Ia lahir di Huaian, Jiangsu pada 1960. 

Baca Juga: Kisah Perusahaan Raksasa: Bisnis Warisan Keluarga Siemens yang Pamornya Tetap Eksis

Sebelumnya Jiehe dalam waktu masing-masing sepuluh tahun, pernah berprofesi menjadi dosen politik, pemimpin perusahaan milik negara, dan pemiliki perusahaan swasta. Ia berturut-turut memegang posisi pimpinan perusahaan dan dianggap memberikan kontribusi besar pada lebih dari 100 perusahaan.

Yan Jiehe bukan cuma mendirikan CPCG, tetapi ia juga memprakarsai model BT dan model pengemasan ulang di China. BT adalah sebuah model yang memiliki konsep perusahaan membayar uang untuk membangun jalan, jembatan, dan kawasan industri sebelum pemerintah daerah membeli kembali proyek yang telah selesai nanti. Model tersebut nyatanya disukai oleh pemerintah lokal di seluruh China karena memungkinkan jalannya proyek-proyek besar yang tidak dapat dibayar. 

Seiring berjalannya waktu, YinJiang berkembang menjadi grup skala besar dan secara resmi berganti nama menjadi China Pacific Construction Grup pada 1995.

Dari sinilah perjalanan CPCG dimulai. Untuk lebih jauh, pada Rabu (25/11/2020) kali ini, Warta Ekonomi akan mengulas perusahaan raksasa nomor 75 dunia dari Fortune Global 500 dalam artikel sebagai berikut.

Pada 1992, perusahaan Huaian Yinjiang, pendahulu CPCG mulai mengembangkan pasar di Nanjing. Pada saat itu, Nanjing Orbital Highway sedang dibangun tetapi tidak ada yang mau memberikan kesempatan pada perusahaan kecil ini. Akhirnya perusahaan memenangkan proyek tiga gorong-gorong setelah 11 kali pulang pergi. Mengira itu adalah kontraktor tingkat lima untuk proyek 294.000 yuan ini, perusahaan masih menerima proyek ini.

Jangka waktu konstruksi yang direncanakan berlangsung selama 6 bulan tetapi perusahaan mengeluarkan perintah tegas. Konstruksi harus diselesaikan sebelumnya dengan premis untuk memastikan kualitas kelas satu!

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini