Gegara Lagi-lagi Dicap Lembek, Anies Baswedan Lagi Introspeksi Diri

Gegara Lagi-lagi Dicap Lembek, Anies Baswedan Lagi Introspeksi Diri Kredit Foto: IG @aniesbaswedan

Pengamat Politik Yunarto Wijaya mengatakan, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat ini sedang intropesksi dirinya sendiri atas apa yang terjadi. Sehingga, dia mengunggah foto sedang membaca buku How Democracies Die (Bagaimana Demokrasi Mati) di media sosialnya.

"Mungkin saja ia merasa harus melakukan intropesksi diri, apalagi belakangan pemerintahan di DKI Jakarta dianggap lagi-lagi bersikap lembek dengan kelompok tertentu hanya karena alasan jumlah massa yang besar. Sehingga, mengorbankan kepentingan masyarakat secara umum terkait isu kesehatan," katanya saat dihubungi Republika, Selasa (24/11).

Dikatakan Yonarto, buku tersebut ditulis oleh dua ilmuwan politik dari Universitas Harvard, Amerika Serikat. Di dalamnya, terdapat penjelasan bagaimana kegundahan tentang politik populisme, nativisme (menjual isu primordial/keaslian) dan demagog (penyesatan yg dilakukan pemimpin). Kegundahan yang muncul dari banyak peneliti politik Amerika Serikat pasca terpilihnya Donald Trump di 2016. Buku ini sendiri terbit di 2018.

Baca Juga: Sri Mulyani Sentil Anies, Ungkit Ledakan Kasus Covid-19 di Jakarta

"Dan itu mirip sekali dengan apa yang terjadi di Pilkada DKI Jakarta 2017, ketika aspek primordial, baik agama dan suku sangat dominan dan kami tahu Anies Baswedan dikritik keras karena dianggap oleh sebagian pihak menumpang arus besar populisme tersebut," kata dia.

Lalu, kata dia, unggahan foto tersebut terjadi pada hari Minggu. Biasanya, hari libur adalah hari untuk melakukan refleksi diri.

"Jadi, mari kami berpikir positif bahwa niat Anies dalam postingan-nya tidak berniat menyerang pihak lain secara politik, tapi sebaliknya dalam upayanya melihat cermin dan berbenah," kata dia.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Okezone Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Okezone. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Okezone.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini