Kisah Orang Terkaya: Ashok Hinduja, Anak Bungsu yang Jadi Miliarder di India

Kisah Orang Terkaya: Ashok Hinduja, Anak Bungsu yang Jadi Miliarder di India Kredit Foto: Twitter/alokupadhayay

Nama Ashok Hinduja termasuk ke dalam salah satu orang terkaya di dunia bersama dengan saudaranya yang lain yaitu Srichand, Gopichand dan Prakash Hinduja. Mereka berempat merupakan pendiri dari Hinduja Group, perusahaan konglomerasi yang berbasis di Inggris. Bersama-sama keempat bersaudara ini membesarkan Hinduja Group hingga menjadi perusahaan terbesar di dunia dan di Eropa.

Srichand dan Gopichand adalah warga negara Inggris yang tinggal di London, sementara Prakash tinggal di Monaco. Ashok yang merupakan anak bungsu lebih tertarik mengawasi minat bisnis di India dari Mumbai. Generasi ketiga juga terlibat dalam bisnis ini.

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: Prakash Hinduja, Miliarder Swiss Berdarah India

Seperti putra Gopichand Sanjay dan Dheeraj, masing-masing mengawasi Gulf Oil dan Ashok Leyland. Putri Srichand, Vinoo, mengawasi Rumah Sakit P.D.Hinduja & Pusat Penelitian Medis, sebuah rumah sakit nirlaba di Mumbai.

Saat ini, Ashok Parmanand Hinduja memegang posisi Chairman di Hinduja Group Ltd. dan Non-Executive Chairman di NXTDigital Ltd. Pria lulusan Universitas Mumbai ini juga merupakan anggota dari The National Health & Education Society dan di dewan 6 perusahaan lainnya.

Berdasarkan Forbes Real Time Net Worth di Jakarta, Rabu (25/11/2020) Ashok memiliki harta mencapai USD13,7 miliar (Rp194 triliun). Perjalanan karir Hinduja Group dimulai dari bisnis tekstil dan perdagangan ayahnya di Bombay, India, dan Teheran, Iran.

Hinduja bersaudara ini pun membagi tugas bisnisnya di wilayah yang berbeda, Srichand Hinduja fokus dalam bisnis Hinduja Group dan Hinduja Bank of Switzerland, sementara Gopichand Hinduja mengendalikan Hinduja Automotive Limited.

Saat ini, Hinduja Group memegang berbagai sektor bisnis di dunia yaitu otomotif, minyak dan gas, media dan telekomunikasi, serta kesehatan. Saking banyaknya sektor bisnis Hinduja Group, keempat saudara ini telah ditugaskan di lini bisnis masing-masing. Adapun Ashok telah dipercaya memegang Hinduja Group of Companies di kawasan India.

Sementara kakak-kakaknya yang lain tinggal di Inggris dan Swiss, Ashok menetap dan menjadi warga negara India. Hinduja Group kini memiliki setidaknya 21 anak usaha, yaitu Hinduja Bank, Hinduja Global Solutions, Gulf Oil Corporation Ltd, Hinduja National Power Corporation hingga Hinduja National Hospital and Medical Research Centre.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini