Ngeri, BBM Oktan Rendah Seperti Premium Bisa Ganggu Kesehatan Manusia Lho

Ngeri, BBM Oktan Rendah Seperti Premium Bisa Ganggu Kesehatan Manusia Lho Kredit Foto: Antara/Arif Firmansyah

Sudah saatnya masyarakat meninggalkan BBM Ron Rendah seeeri Premium karena berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan. Sebab, selain dapat mengganggu lingkungan, BBM oktan rendah seperti premium akan membuat pembakaran di dalam mesin kendaraan menjadi tidak sempurna. 

Demikian diungkapkan oleh Koordinator Indonesia Energy Watch (IEW) Adnan Rarasina. Menurutnya itu terjadi, karena terbakarnya BBM di dalam ruang bakar hanya hanya karena tekanan mesin bukan karena percikan api dari busi. Akibatnya, selain menjadikan mesin mengelitik juga membuat banyak BBM terbuang dan menjadi emisi hidrokarbon, karbon monoksida (CO), dan nitrogen dioksida melalui knalpot. 

Baca Juga: Jelang HUT ke-63, Pertamina Resmikan Tiga BBM Satu Harga pada Hari Pahlawan

"Bahaya BBM beroktan rendah seperti Premium akan mencemari lingkungan, yang pada ujungnya akan berdampak pula pada kesehatan manusia," ungkap Adnan, Selasa (24/11/2020).Baca Juga: Jelang HUT Ke-63, Pertamina Persembahkan 188 Titik BBM Satu Harga

Apalagi di jalanan yang padat kendaraan. Adanan menilai hal itu akan berisiko menyebabkan gangguan pernafasan.

Karena itu, langkah pemerintah bersama Pertamina mendorong penggunaan bahan bakar ron tinggi, seperti Pertamax, sangat bagus untuk mengurus dampak buruk polusi. Pengunaan BBM ron tinggi, seperti Pertamax, kata dia, maka risiko pencemaran lingkungan yang hilirnya berdampak pula pada kesehatan manusia akan semakin rendah. 

"Jadi, sangat tepat kebijakan untuk terus edukasi publik untuk tidak lagi menggunakan premium," ungkap dia.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini