Pasang Kupingnya Biar Jelas! Nggak Ada Syarat Kapolri Harus Islam! Nggak Ada...

Pasang Kupingnya Biar Jelas! Nggak Ada Syarat Kapolri Harus Islam! Nggak Ada... Kredit Foto: WE

Nama Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo disebut-sebut mempunyai kans besar untuk menjadi Kapolri menggantikan Jenderal Pol Idham Aziz. Diketahui, masa bakti Jenderal Idham Azis akan berakhir pada Januari 2021 mendatang. Namun sayangnya, status agama Komjen Listyo yang nonmuslim mulai dipersoalkan oleh beberapa kalangan.

Terkait itu, Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian indonesia (Lemkapi) Edi Hasibuan mengaku prihatin karena sampai ada permasalahan tersebut.

Baca Juga: Agama Komjen Listyo Disoalkan, Sultan Priok Meradang: Emang Kenapa Kapolri Nonmuslim?

Sebab, menurutnya, dalam peraturan dan perundangan, tidak ada syarat yang mengharuskan bahwa seorang kapolri harus beragama Islam. Baca Juga: Kerja TNI-Polri Dapat Jempol dari Deretan Artis hingga Komedian

Ia sendiri meyakini bahwa saat ini Presiden Jokowi sudah memegang satu nama calon kapolri yang bakal diajukan ke DPR. Namun, kendati demikian, pihaknya enggan berspekulasi siapa nama calon kapolri yang akan meneruskan tongkat estafet Korps Bhayangkara itu.

"Kita tunggu saja nanti pemberitahuan dari istana atau DPR, siapa akhirnya nama bintang tiga yang diajukan presiden sebagai calon kapolri," ujarnya seperti dikutip dari Rakyat Merdeka di Jakarta, Rabu (25/11/2020).

Lebih lanjut, ia memperkirakan bahwa paling lama bulan Desember maka nama itu sudah disampaikan oleh Presiden ke Komisi III DPR. Sambungnya, usai diserahkan ke Komisi III DPR RI maka calon kapolri akan menjalani uji kelayakan, paling lama 20 hari setelah nama itu disampaikan.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini