Inilah Sosok Tino Sidin, Pelukis yang Jadi Ikon Google Doodle Hari Ini!

Inilah Sosok Tino Sidin, Pelukis yang Jadi Ikon Google Doodle Hari Ini! Kredit Foto: Unsplash/Christian Wiediger

Adakah yang berbeda ketika Anda membuka laman google.co.id, Rabu (25/11/2020) pagi? Ya, benar, hari ini, Google Doodle memasang ilustrasi bergerak yang menampilkan seorang pria dengan penampilan khas pelukis.

Sosok itu Tino Sidin, pelukis dan guru gambar yang terkenal berkat tayangan Gemar Menggambar di saluran TVRI di masa Orde Baru, tepatnya pada 1978-1989.

Bukan tanpa alasan Google memilih Tino Sidin sebagai objek ilustrasi Google hari ini. Sebab pada hari yang sama, 95 tahun lalu, Tino Sidin lahir di Tebing Tinggi, Sumatra Utara.

Baca Juga: Google Bantu Hidupkan The Mandalorian dalam Augmented Reality, Bikin Penasaran

Baca Juga: Kasus Hukum Putri Miliarder China: Petugas Imigrasi Bocorkan Data Pribadi ke Sersan Polisi? Kacau!

Kalimat khas dari Tino Sidin ketika mengajar menggambar ialah, "Bagus... Bagus... Bagus...." Hal itu membuat Google menyertakan kata 'bagus' dalam Google Doodle hari ini.

Hal terpenting saat menggambar adalah kebebasan, bukan bakat ataupun alat, begitulah pandangan dari Tino Sidin.

Bahkan, melansir laporan Tempo (10/6/1978), Tino pernah berujar, "Berilah anak-anak kebebasan, agar bakat mereka lebih berkembang."

Selain mengisi acara di TVRI, Tino Sidin juga pernah melahirkan buku Gambar Menggambar, serta berbagai karya yang mendorong anak-anak untuk berani dan semangat menggambar, seperti Membalas Jasa dan Menggambar Dekoratif dan Bawang Merah--Bawang Putih: Ibu Pertiwi.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini