Katanya Cuma Memantau, Nagorno-Karabakh Kedatangan Tentara-tentara Turki

Katanya Cuma Memantau, Nagorno-Karabakh Kedatangan Tentara-tentara Turki Kredit Foto: Unsplash/Afdhallul

Kementerian Pertahanan Turki menyatakan akan mengerahkan tentara ke wilayah Nagorno-Karabakh. Ankara menuturkan, personel tentara ini ditugaskan untuk memantau gencatan senjata di wilayah tersebut.

"Tentara Turki akan beroperasi selama satu tahun di pusat bersama yang akan didirikan dengan Rusia, yang akan mengawasi pelaksanaan gencatan senjata antara Armenia dan Azerbaijan," kata kementerian itu.

Baca Juga: Putin Turun Tangan, Konflik Azerbaijan-Armenia Langsung Beres, Terus Dipuji-puji Lagi

Namun, seperti dilansir Al Arabiya pada Senin (23/11/2020), kementerian itu tidak menjelaskan kapan dan berapa banyak tentara yang akan dikirimkan ke wilayah sengketa tersebut. 

Pekan lalu, parlemen Turki memberikan izin kepada Presiden Recep Tayyip Erdogan untuk mengirim pasukan ke Azerbaijan, sekutu dekat Ankara, untuk memantau gencatan senjata bersama dengan pasukan Rusia.

Pasukan penjaga perdamaian Rusia sendiri telah terlebih dahulu dikerahkan ke Nagorno-Karabakh dan akan tetap di sana untuk setidaknya selama lima tahun. 

Pengerahan tentara ini adalah bagian dari kesepakatan gencatan senjata antara Baku dan Yerevan, yang ditengahi Moskow, yang dicapai pada 10 November lalu.

Sementara itu, Prancis mengusulkan pembentukan pasukan penjaga perdamaian internasional, agar gencatan senjata ini tidak hanya dipantau oleh pasukan Rusia dan Turki.

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini