Wujudkan Digitalisasi Pertanian, TaniHub Group Berkolaborasi dengan Kemenkop

Wujudkan Digitalisasi Pertanian, TaniHub Group Berkolaborasi dengan Kemenkop Kredit Foto: Dok. TaniHub

TaniHub Group sebagai agritech startup terkemuka di Indonesia terus menunjukkan komitmennya untuk memajukan sektor pertanian dan UMKM di Indonesia melalui kolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan, termasuk pemerintah. Untuk memperkuat langkah tersebut, kali ini TaniHub Group berkolaborasi dengan Kementerian Koperasi dan UKM karena kedua belah pihak memiliki semangat yang sama, yakni digitalisasi dan korporatisasi pertanian Indonesia.

Baca Juga: Bantu Pemerintah Tangani Covid-19, Pertamina Sudah Habiskan Rp1,5 Triliun

TaniHub Group dan Kementerian Koperasi dan UKM memantapkan komitmen bersama melalui pengiriman perdana mangga, bawang merah, dan bawang putih yang berasal dari dua koperasi dan satu kelompok tani binaan Kementerian Koperasi dan UKM kepada TaniHub Group. Seremoni yang dilakukan di Packing and Processing Center (PPC) TaniHub Group, Malang itu disaksikan langsung oleh Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki.

Baca Juga: Lewat Indonesia Local Brands Expo 2020, ASENSI Dukung Ratusan UMKM Go Digital

Dalam sambutannya, Teten Masduki mengatakan bahwa kondisi petani dan sistem pertanian Indonesia sangat berbeda dengan situasi yang lebih maju di luar negeri, seperti Belanda, Australia, dan New Zealand, yang para petaninya telah terlembagakan melalui koperasi petani. Di Indonesia, kata Teten, para petani masih bekerja secara perorangan dengan skala lahan yang kecil. 

“Jika petani dapat bergabung dalam satu kelembagaan seperti koperasi, maka koperasi tersebut dapat langsung berhubungan market. Dengan begitu, petani dapat lebih fokus meningkatkan produksinya dan menghasilkan produk yang unggul, karena pemasaran dan pengolahan produk sudah dilakukan oleh koperasi petani,” kata Teten.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini