Doni Monardo: Upaya Tracing Kasus Covid-19 di Petamburan Dapat Penolakan

Doni Monardo: Upaya Tracing Kasus Covid-19 di Petamburan Dapat Penolakan Kredit Foto: BNPB

Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Doni Monardo menyinggung masalah tracing penyebaran COVID-19. Itu dilakukan, agar bisa diketahui lebih awal apakah orang tersebut terpapar atau tidak. Walau dalam keadaan sehat, karena banyak pasien COVID adalah mereka yang orang tanpa gejala atau OTG.

Doni juga sempat menyinggung, upaya tracing kasus COVID-19 di Petamburan Jakarta, mendapat penolakan. Yakni pihak keluarga Habib Rizieq, yang disebut pernah memiliki kontak dengan Lurah Petamburan yang kini positif COVID-19.

"Jadi tidak ada alasan bagi masyarakat untuk menolak pelacakan kontak, penanganan kesehatan adalah sebuah kerja kemanusiaan. Tenaga kesehatan hendak memastikan gejala sakit dikenali lebih awal dan demikian juga dengan riwayat kontak pasien. Semakin cepat diketahui, penularan lebih luas bisa dicegah karena memang mayoritas penderita COVID-19 adalah orang tanpa gejala,” kata Doni Monardo dalam keterangannya di Jakarta, Minggu, 22 November 2020.

Kata Doni, titik paling krusial saat ini dalam memperkecil risiko kematian akibat COVID-19 dengan menjaga agar pasien tidak berpindah fase atau kategori sakit, dan sedapat mungkin tetap dengan gejala ringan sehingga lebih mudah disembuhkan. 

“Ini adalah prioritas dokter dan tenaga kesehatan sekarang, apalagi dalam seminggu terakhir tingkat penularan cenderung meningkat,” katanya.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini