Fakta-fakta Vaksin Covid-19 Gratis dan Berbayar, Seperti Ini Titah Jokowi

Fakta-fakta Vaksin Covid-19 Gratis dan Berbayar, Seperti Ini Titah Jokowi Foto: Reuters/Anton Vaganov

Pemerintah menyediakan vaksin Covid-19 gratis dan berbayar. Untuk penyuntikan vaksin Covid-19 ini ditargetkan pada Desember 2020.

Namun, sebelum vaksin Covid-19 ini disuntikan, masih ada tahapan yang harus dilalui. Salah satunya adalah tahapan dikeluarkannya emergency use authorization atau EUA dari Badan POM.

Badan POM menyatakan, vaksin Covid-19 Sinovac asal China mempunyai mutu kualitas yang baik. Saat ini vaksin Covid-19 Sinovac masih melakukan uji klinis tahap III.

Baca Juga: Mayoritas Rakyat Indonesia Bersedia Terima Vaksin Covid-19, Papua Tertinggi

Berikut fakta-faktanya seperti dirangkum di Jakarta, Minggu (22/11/2020).

1. Vaksin Covid-19 Tersedia Desember

Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih berharap bahwa vaksin Covid-19 sudah tiba di tanah air pada akhir November ini. Pihaknya masih berusaha agar vaksin itu tetap datang sesuai waktu yang direncanakan.

"Tapi kalau tidak bisa berarti masuk ke bulan Desember. Baik dalam bentuk vaksin jadi maupun dalam bentuk nantinya bahan baku yang nantinya diolah di Bio Farma," katanya saat memberikan keterangan pers di Puskesmas Tanah Sereal, Rabu (18/2020).

2. Tahapan Vaksinasi

Jokowi juga menjelaskan bahwa setelah vaksin tiba di Indonesia tidak serta merta langsung disuntikan kepada masyarakat. Dia mengatakan masih ada tahapan yang harus dilalui. Salah satunya adalah tahapan dikeluarkannya EUA dari Badan POM.

"Sehingga tahapan itu memerlukan waktu. Mungkin antara kurang lebih tiga mingguan. Setelah mendapatkan izin dari BPOM baru kita lakukan vaksinasi," ungkapnya.

"Kaidah-kaidah scientific, kaidah-kaidah ilmiah ini juga saya sudah sampaikan wajib diikuti. Kita ingin keselamatan, keamanan masyarakat itu harus betul-betul diberikan tempat yang paling tinggi," ujarnya.

3. Distribusi Vaksin Covid-19

Jokowi mengatakan bahwa jika melihat simulasi di Puskesmas tanah Sereal maka vaksinasi akan dimulai di akhir tahun 2020 atau awal tahun 2021. Pasalnya membutuhkan persiapan dan proses yang tidak sebentar.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Okezone Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Okezone. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Okezone.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini