Wah, Produsen Mobil Korea Ini Mau Buka Pabrik di Batang

Wah, Produsen Mobil Korea Ini Mau Buka Pabrik di Batang Kredit Foto: Reuters/Carlos Barria

Produsen mobil Korea Selatan, Hyundai, kabarnya berniat mendirikan pabrik di Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang, Jawa Tengah.

Jika itu terjadi, maka Hyundai akan jadi penanam modal asing pertama yang membangun fasilitas berbentuk pabrik di area itu, menurut Bupati Batang, Wihaji.

"Hyundai Grup jadi investor pertama yang bakal menggelar ground breaking atau peletakan batu pertama," ujar Wihaji, Jumat (20/11/2020).

Baca Juga: Diduga Sengaja Perlambat Kinerja iPhone, Apple Kena Denda Segini!

Baca Juga: Boruto 52: Spoiler dan Rekomendasi Situs Baca Komik Online

Asal tahu saja, kini Pemkab Batang dan Konsorsium KIT sedang berupaya menyelesaikan lahan industri bagian pertama dengan luas 450 hektare. Nantinya, Hyundai Grup akan mendirikan pabrik di sejumlah bidang, yakni industri baterai, tekstil, hingga kaca.

Wihaji menambahkan, "Karena itu, konsorsium saat ini bertugas melakukan berbagai upaya yang mempercepat siapnya lahan di KIT Batang. Adapun, Pemkab juga bakal menurunkan sekitar 300 ribu orang tenaga kerja."

Di sisi lain, Pengawas Pelaksanaan Proyek Konsorsium KIT Batang, Ahmad Zaki menyebut, pembangunan tahap I KIT Batang sudah mencapai 60%. Sementara, ada total 4.300 hektare lahan yang mesti mereka garap.

Di tahap pertama, baru tiga zona yang masuk dalam pengerjaan. "Untuk persiapan lahan zona pertama, perkembangan sudah capai 60%, zona dua 23%, dan zona tiga belum mulai pengerjaan."

Zaki menambahkan, target pembangunan lahan KIT Batang hingga akhir 2020 ialah 300 hektare; sedangkan pada Januari 2021, harapannya bisa mencapai 450 hektare.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini