Ini Loh Keuntungan Investasi Telkomsel ke Gojek dari Perspektif Ekonom

Ini Loh Keuntungan Investasi Telkomsel ke Gojek dari Perspektif Ekonom Kredit Foto: Tanayastri Dini Isna

Belum lama ini, Telkomsel mengonfimasi penyuntikkan modal ke PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek). Nah, dengan mengambil langkah itu, apa saja yang akan Telkomsel dan Gojek dapatkan?

Mengutip pernyataan EkonomiĀ Center of Reform on EconomicsĀ Indonesia, Piter Abdullah, keputusan itu tak hanya akan menguntungkan Telkomsel, tetapi juga berpotensi mendorong pertumbuhan ekonomi digital Tanah Air.

"Itu kan investasi tentunya harapannya adalah keuntungan. Jadi, manfaat bagi keduanya (Telkomsel-Gojek) merupakan keuntungan ekonomi," ujar Piter kepada pers, dikutip Jumat (20/11/2020).

Baca Juga: Aplikasi Muslim Pro Diduga Jual Data ke Militer Amerika, yang Benar??

Baca Juga: Kalau Muslim Pro Tak Klarifikasi Soal Dugaan Beli Data, Kemenkominfo Ancam Lakukan Ini!

Ia melanjutkan, investasi itu bakal menguatkan ekosistem unit bisnis telekomunikasi konsumen milik Telkomsel. Sebab, anak usaha Telkom Group itu dapat menggunakan jaringan yang sudah Gojek bangun.

Tak cuma itu, Piter berkata lagi, "Sementara, selain diuntungkan dengan masuknya dana segar dari Telkomsel, Gojek juga bisa lebih memperluas ekosistemnya."

Sejalan dengan Piter, PenelitiĀ Institute for Development of Economis and Finance (INDEF), Nailul Huda menyebut, 38 juta pengguna aktif Gojek di Asia Tenggara dapat Telkomsel gunakan untuk memperluas produk digitalnya--seperti LinkAja.

"Investasi Rp2 triliun lebih bisa menjadi bahan bakar bagi korporasi (Gojek). Selain itu, pengguna Telkomsel di Indonesia juga sangat besar, itu memberi peluang bagi Gojek dalam pengembangan aplikasinya," jelas Nailul.

Ia menilai, Gojek bisa memanfaatkan hal tersebut untuk kebutuhan ekspansi bisnis perusahaannya. Sebab, industri digital dan telekomunikasi begitu cocok, imbuhnya.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini