Pakar Hukum: Mendagri Jangan Sok! Anies Baswedan Nggak Boleh Diberhentikan

Pakar Hukum: Mendagri Jangan Sok! Anies Baswedan Nggak Boleh Diberhentikan Kredit Foto: Antara/Hafidz Mubarak A

Ahli hukum pidana dari Universitas Trisakti, Abdul Fickar Hadjar, menegaskan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tidak bisa sembarangan memberhentikan seorang kepala daerah, termasuk Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Hal tersebut dikatakan sekaligus menanggapi Mendagri Tito Karnavian yang telah menerbitkan Instruksi Mendagri 6/2020. Baca Juga: HAH Nggak Salah! Anies Tiap Tahun Kucurkan Rp3 M untuk Toilet Monas, PSI Terheran-heran

Diketahui, dalam aturan tersebut, berisi peringatan kepada kepala daerah tentang sanksi dan kewajiban para kepala daerah, termasuk mengingatkan para kepala daerah bisa diberhentikan. Baca Juga: Prihatin Pemanggilan Anies Baswedan, Fahri Hamzah: Pemerintah Gagal...

“Memberhentikan kepala daerah atau gubernur itu tidak bisa sembarangan baik oleh presiden maupun mendagri,” ujarnya, seperti dilansir, RMOL, Jumat (19/11/2020).

Lebih lanjut, ia mengatakan di era demokrasi saat ini, gubernur dipilih langsung oleh rakyat. Bukan diangkat Presiden atau Mendagri.

Karena itu, ia menegaskan bahwa pemberhentian kepala daerah tidak bisa sembarangan. “Demikian juga dengan pemberhentian Gubernur, Mendagri tidak bisa sok kuasa. Sebab ada syarat dan tahap yang harus ditempuh,” jelasnya.

“Pada zaman demokrasi ini tidak boleh sembarangan, karena bisa-bisa rakyat marah,” tandasnya.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini