Anies Diklarifikasi, Ridwan Kamil: Kalau Saya Bahasanya Bukan Diperiksa

Anies Diklarifikasi, Ridwan Kamil: Kalau Saya Bahasanya Bukan Diperiksa Kredit Foto: Antara/M Agung Rajasa

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, memastikan akan hadir dalam pemeriksaan di Mabes Polri terkait kasus pelanggaran protokol kesehatan COVID-19 dalam acara ceramah Habib Rizieq Shihab di Megamendung, Kabupaten Bogor.

Ridwan Kamil menjelaskan akan ada beberapa hal yang akan dibahas dalam pemeriksaan besok, Jumat, 20 November 2020, mulai dari perizinan hingga teknis acara.

"Kepolisian meminta klarifikasi dari sejumlah pimpinan wilayah tempat peristiwa tadi. Walaupun asal muasal dan latar belakang situasinya tidak bisa dipersamakan," kata Ridwan Kamil di Gedung Sate, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis, 19 November 2020.

Ridwan Kamil menerangkan, pemeriksaan besok direncanakan didampingi Biro Hukum Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

"Pak Anies Baswedan sudah memberikan klarifikasi, dan saya sudah menerima surat kemarin sore untuk dimintai keterangan. Jadi, bahasanya bukan diperiksa, tapi dimintai tambahan keterangan terkait acara di Bogor," ujarnya.

Menurut Ridwan Kamil, hierarki pemerintahan di Jawa Barat berbeda dengan DKI Jakarta. Tanggung jawab izin acara Habib Rizieq di Megamendung merupakan kewenangan Pemda Bogor.

"Kalau di luar DKI Jakarta semua kewenangan teknis ada di bupati/wali kota. Jadi ada ribuan kegiatan setiap tahun di Jabar itu dikelolanya oleh bupati dan wali kota. Karena hubungan antara bupati, wali kota dengan gubernur itu sifatnya koordinatif," katanya.

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini