Indonesia Resesi, Jokowi Sudah Gak Sanggup?

Indonesia Resesi, Jokowi Sudah Gak Sanggup? Kredit Foto: Antara/Sigid Kurniawan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut 2020 menjadi sangat menantang bagi seluruh dunia. Pasalnya, semua negara ditantang memecahkan masalah yang tidak terduga sebelumnya.

Seperti diketahui, pandemi Covid-19 membuat ekonomi global mengalami kontraksi. Tak terkecuali, ekonomi Indonesia yang kini mengalami resesi setelah dua kuartal berturut-turut mengalami minus.

"Tahun 2020 merupakan tahun yang sangat krusial bagi dunia. Sangat sulit bagi dunia. Semua negara ditantang untuk memecahkan masalah yang tidak terduga sebelumnya," ujarnya dalam acara APEC CEO Dialogues 2020, Kamis (19/11/2020).

Baca Juga: Jokowi & Mega Didoakan Buruk, Habib Rizieq dan Pendukungnya Didoakan Baik

Menurut Jokowi, pandemi Covid-19 membuat semua negara ditantang menjawab keterbatasan serta menghitung kembali peluang dan menciptakan terobosan dan inovasi yang tidak terpikirkan sebelumnya. Namun, dirinya meyakini selalu ada peluang dalam situasi sulit seperti apa pun.

"Saya percaya peluang dan kesempatan dan peluang masih terbuka luas," ucapnya.

Bagi Indonesia, akan menggunakan momentum krisis ini untuk melakukan reformasi struktural. Salah satu bukti komitmen pemerintah adalah dengan mengesahkan Undang-Undang Cipta Kerja.

"Indonesia menggunakan momentum krisis ini melakukan reformasi struktural secara extraordinary. Kami membenahi regulasi yang ada, membenahi birokrasi yang ad agar dapat bergerak cepat melalui masa-masa yang sulit ini. Sehingga siap membuka pintu seluas-luasnya bagi businessman dan bagi investor dengan cara-cara baru," jelasnya.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Okezone Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Okezone. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Okezone.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini