Langkah Cerdik Mitra Binaan Pertamina Penuhi Kebutuhan Pangan di Timur Indonesia

Langkah Cerdik Mitra Binaan Pertamina Penuhi Kebutuhan Pangan di Timur Indonesia Kredit Foto: Sufri Yuliardi

Di tengah situasi pandemi yang sulit, PT Pertamina (Persero) melalui Program Kemitraan tetap memberdayakan UMKM, termasuk di antaranya mendukung UMKM di sektor perikanan dan peternakan. Hingga saat ini, Pertamina telah membina lebih dari 7.500 binaan sektor tersebut dengan nilai penyaluran mencapai sekitar Rp341 miliar.

Salah satu mitra binaan Pertamina yang bergerak pada kedua sektor tersebut yakni Budiono selaku pemilik usaha Abimanyu yang bisa di bilang usahanya bergerak di bidang peternakan dan perikanan mulai dari hulu hingga hilir.

"Seluruhnya saya jalani. Mulai dari pembenihan, pembesaran, pengolahan, pemasaran hingga menjual produk jadi melalui usaha Rumah Makan," kata Budiono, Kamis, (19/11/2020).

Baca Juga: BRI Gandeng OVO, UMKM Bisa Terima Tambahan Modal hingga Rp20 Juta

Budiono mulai menggeluti usaha tersebut sekitar tahun 1999. Awalnya, ia hanya membuka toko sembako. Namun, kebutuhan pangan di Kabupaten Sorong yang tinggi mendatangkan peluang usaha lain bagi Budi.

"Akhirnya mulai tahun 2006 usaha perikanan dan baru tahun 2019 mengembangkan sayap di bidang peternakan," katanya.

Salah satu hal yang melatarbelakangi Budiono getol menjalani usaha ini adalah perhatiannya pada kebutuhan bahan pangan di wilayah Timur Indonesia, terutama Kabupaten Sorong, tempatnya tinggal. Menurutnya, potensi usaha di bidang pangan masih bisa dimaksimalkan lagi.

"Saya ingin dapat memenuhi kebutuhan pangan daerah saya, sehingga tidak perlu ambil dari luar," tuturnya.

Upaya Budiono dalam menjaga kualitas produk miliknya sangat diperhatikan. Sebab, kini jangkauan pemasaran produk hasil perikanannya pun makin meluas. Selain menyuplai warung makanan dan pasar tradisional, dirinya juga sudah memasukkan produknya ke beberapa swalayan besar di kota dan Kabupaten Sorong.

"Ukuran hasil ikan air tawar kami telah memenuhi standardisasi untuk didistribusikan ke swalayan," kata pria kelahiran Banyuwangi, Jawa Timur tersebut.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini