Percaya Deh, Vaksin Covid-19 Aman Kok!

Percaya Deh, Vaksin Covid-19 Aman Kok! Kredit Foto: Creative Commons

Simpang siur mengenai keamanan vaksin Covid-19 bermunculan di tengah masyarakat. Sebagian pihak bahkan merasa enggan untuk divaksin karena terpengaruh oleh berbagai mitos tentang vaksin corona yang sampai saat ini masih terus dilakukan pengujian.

Guru Besar Fakultas Kedokteran UI, Prof. Dr. dr. Cissy Kartasasmita , Sp.A (K), M.Sc., mengatakan bahwa vaksin pada dasarnya menjadi salah satu upaya untuk melindungi diri dari infeksi penyakit tertentu. Tentu saja, vaksinasi perlu diimbangi dengan kebiasaan baik berupa protokol 3M, yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak serta menghindari kerumunan. Baca Juga: Ayo Berhenti Pakai Masker di Dagu, Berisiko!

"Vaksin adalah salah satu cara kita untuk terlindungi dari infeksi penyakit tertentu. Namun, kita tetap harus melakukan perilaku 3M secara disiplin sampai akhir pandemi nanti," ungkapnya seperti dilansir dari laman resmi Satgas Covid-19, Kamis, 19 November 2020.  Baca Juga: Tangkal Covid-19 dengan 3M, Dokter Reisa: Dampaknya Luar Biasa!

Ia melanjutkan, berbagai mitos tersebut harus diterima dengan cermat dan perlu dipastikan lebih dulu kebenarannya. Menjawab keresahan publik, Prof. Cissy mengatakan bahwa vaksin Covid-19 aman untuk digunakan. Hal itu tercermin dari laporan hasil uji klinis fase satu dan vase dua yang menunjukkan hasil positif.

"Teknologi dan kemampuan sumber daya yang maju, serta ketersediaan biaya, mempercepat proses penemuan vaksin Covid-19, di mana fase-fase yang harus dilalui dilakukan secara paralel," sambungnya.

Lebih lanjut, Prof Cissy menyebutkan bahwa vaksin Covid-19 yang telah diuji coba ke ribuan relawan di Indonesia tidak menunjukkan efek samping yang berat.

"Tidak ditemukan efek samping yang berat. Info atau berita mengenai adanya yang meninggal, sakit berat, sakit punggung, itu tidak terbukti dari hasil uji klinik vaksin Covid-19. Setelah dilakukan penelitian, kejadiannya ternyata tidak berhubungan langsung dengan vaksinasi," katanya lagi.

Ingat, terus terapkan gerakan 3M: memakai masker, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan, serta mencuci tangan.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #ingatpesanibupakaimasker #ingatpesanibujagajarak #ingatpesanibucucitangan #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini