Dukung PEN, BI Turunkan Suku Bunga Acuan 25 BPS Jadi 3,75%

Dukung PEN, BI Turunkan Suku Bunga Acuan 25 BPS Jadi 3,75% Kredit Foto: Fajar Sulaiman

Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) pada 18-19 November 2020 memutuskan untuk menurunkan BI-7day Reverse Repo Rate (BI7DRR) sebesar 25 bps menjadi 3,75% dari sebelumnya 4,00%.

Sejalan dengan itu, bank sentral juga menurunkan suku bunga Deposit Facility sebesar 25 bps menjadi 3,00%, dan suku bunga Lending Facility sebesar 25 bps menjadi 4,50%.

"Keputusan ini mempertimbangkan perkiraan inflasi yang tetap rendah, stabilitas eksternal yang terjaga dan sebagai langkah lanjutan untuk mempercepat Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN)," ujar Gubernur BI Perry Warjiyo saat konferensi pers RDG BI secara virtual di Jakarta, Kamis (19/11/2020).

Lebih lanjut, dia menuturkan, BI tetap berkomitmen untuk mendukung penyediaan likuiditas, termasuk dukungan BI kepada Pemerintah dalam mempercepat realisasi APBN Tahun 2020.

"Ke depan, BI akan terus mencermati dinamika perekonomian dan pasar keuangan global serta penyebaran COVID-19 dan dampaknya terhadap prospek perekonomian Indonesia dari waktu ke waktu untuk menentukan langkah-langkah kebijakan lanjutan yang diperlukan dalam mempercepat program PEN," katanya.

Perry juga bilang, koordinasi kebijakan yang erat dengan Pemerintah dan Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) terus diperkuat untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan, serta mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini