Kisah Orang Terkaya: S. P. Hinduja, Imigran Pakistan yang Sukses di Daratan Inggris

Kisah Orang Terkaya: S. P. Hinduja, Imigran Pakistan yang Sukses di Daratan Inggris Kredit Foto: Twitter/moneycontrol

Pria berdarah Pakistan, Srichand Parmanand Hinduja atau S. P. Hinduja menjadi salah satu orang terkaya di Eropa, bahkan di dunia. Pria 84 tahun ini sukses menjadi orang terkaya ketiga di daratan Inggris, padahal dulu ia hanya seorang imigran.

Berdasarkan Forbes hari ini, Hinduja bersama keluarganya kini memiliki harta USD13,7 miliar atau setara dengan Rp194 triliun. Ia mendirikan Hiduja Group yang berbasis di Inggris bersama ketiga saudaranya yaitu Gopichand Hinduja, Prakash Hinduja, dan Ashok Hinduja. Ia pun menjadi pemegang saham terbesarnya.

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: Zhang Zhidong, Co-Founder Tencent Teman Sekelas Ma Huateng

Sejak 1990-an, ia secara konsisten menduduki peringkat di antara orang-orang terkaya di Inggris dan Asia. Pada Mei 2019, Hinduja menduduki puncak Daftar Orang Terkaya Sunday Times. Hinduja memulai karirnya di bisnis tekstil dan perdagangan ayahnya di Bombay, India, dan Teheran, Iran. Salah satu kudeta besar pertamanya, pada awal 1960-an, adalah akuisisi hak luar negeri atas film laris India Sangam.

Hinduja mendistribusikan dan mempromosikan film tersebut di pasar Timur Tengah dan kesuksesannya menghasilkan jutaan dolar. Bisnis sukses lainnya yang dimulai oleh Hinduja di awal karirnya termasuk penjualan komoditas makanan (bawang dan kentang) dan bijih besi dari India ke Iran.

Tetapi kini, Hinduja Group telah menjadi perusahaan konglomerasi yang bergerak di berbagai sektor bisnis. Mulai dari otomotif, minyak dan gas, media dan telekomunikasi, serta kesehatan. Di bawah kepemimpinan Hinduja, ia berhasil membawa Hinduja Group sebagai perusahaan multinasional yang bercokol di 37 negara dan mempekerjakan lebih dari 70.000 pegawai.

Perusahaannya kini memiliki setidaknya 21 anak usaha, yaitu Hinduja Bank, Hinduja Global Solutions, Gulf Oil Corporation Ltd, Hinduja National Power Corporation hingga Hinduja National Hospital and Medical Research Centre.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini