Apa Itu Image SEO?

Apa Itu Image SEO? Kredit Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay

Jika Anda seorang blogger atau penulis artikel untuk majalah atau surat kabar online, kemungkinan besar Anda akan bertanya-tanya apakah artikel yang Anda buat membutuhkan gambar atau tidak. Jawabannya adalah “Ya”. Gambar memiliki peran besar bagi artikel dan juga berkontribusi pada SEO situs web Anda. Artikel ini akan menjelaskan pengertian dan manfaat gambar bagi strategi SEO serta memberikan beberapa petunjuk tentang penggunaan gambar untuk pengalaman pengguna terbaik.

Apa itu Image SEO?

Ketika berbicara mengenai pengoptimalan mesin pencarian (SEO), banyak orang yang beranggapan bahwa hal terpenting dalam melakukan strategi tersebut di situs web hanya mengacu pada optimasi waktu pemuatan dan teks alternatif saja. Terkadang gambar luput dari perbincangan. Namun, peran gambar dalam meningkatkan SEO sangat besar. Baca Juga: Apa Itu Internal Linking SEO?

Image atau gamabar SEO memengaruhi cara konten bergambar Anda untuk diberi peringkat di hasil pencarian gambar Google. Selain itu, gambar SEO juga memengaruhi potensi penelitian organik Anda secara keseluruhan sehingga mengoptimalkan gambar Anda untuk mesin pencari akan berdampak positif pada peringkat halaman Anda juga. Gambar sering kali ditampilkan di hasil pencarian.  

Gambar, bila digunakan dengan benar, akan membantu pembaca untuk lebih memahami artikel Anda. Pepatah lama mengatakan, "Sebuah gambar bernilai seribu kata," mungkin tidak berlaku untuk Google, tapi hal itu menjadi benar jika Anda ingin menggambarkan apa yang Anda maksud dalam bentuk chart hingga diagram aliran data, atau hanya ingin membuat postingan media sosial lebih menarik. Baca Juga: Apa Itu Content SEO?

Untuk itu, tambahkan gambar ke setiap artikel yang Anda tulis agar menjadi lebih menarik. Terlebih lagi, karena penelusuran visual sekarang menjadi semakin penting, hal ini dapat memberikan sedikit trafik yang baik untuk Anda. Dan jika Anda memiliki konten visual, sangat masuk akal untuk menempatkan prioritas yang lebih tinggi pada penggunaan gambar SEO.

Beberapa waktu lalu, Google Images mendapat interface baru dengan filter, metadata, dan bahkan atribusi baru. Filter baru yang keren ini menunjukkan bahwa Google semakin mengetahui apa yang ada dalam sebuah gambar dan bagaimana gambar itu cocok dengan konteks yang lebih luas.

Di satu sisi, jika Anda mengisi atribut HTML gambar dengan benar, Anda memperkuat semantik halaman dan membantu mesin pencarian untuk memahami konten Anda.

Di sisi lain, pengoptimalan gambar dapat meningkatkan waktu pemuatan dan pengalaman pengguna Anda. Tidak ada artikel yang bagus tanpa gambar yang bagus.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini