Gempur dari Langit, Serangan Israel Sukses Tewaskan Tentara-tentara Suriah

Gempur dari Langit, Serangan Israel Sukses Tewaskan Tentara-tentara Suriah Foto: EPA/Atef Safadi

Serangan udara Israel di Dataran Tinggi Golan, Israel, menewaskan tiga personel militer Suriah pada Rabu (18/11/2020) pagi waktu setempat. Demikian dilaporkan kantor berita resmi Suriah, SANA seperti dikutip Reuters.

Sebelumnya SANA memberitakan, pertahanan udara Suriah berhasil mencegat "agresi Israel" di wilayah udara Ibu Kota Suriah, Damaskus. Namun kemudian, serangan terjadi di wilayah selatan.

Baca Juga: Pesan Netanyahu buat Warga Israel yang Melancong ke UEA, Ada Apa?

Melalui akun Twitter pada Rabu, Juru Bicara Militer Israel, Avichay Adraee menjelaskan, sasaran serangan adalah wilayah militer di Lebanon selatan, yang terkait dengan milisi Quds Iran dan militer Suriah.

Israel telah berkali-kali melakukan serangan terhadap posisi-posisi milisi Iran dan sekutunya di Suriah, termasuk pasukan Hizbullah Lebanon. Namun Pemerintah Presiden Bashar al-Assad tidak pernah secara terbuka mengakui adanya pasukan Iran di Suriah.

Iran sendiri mendukung pemerintah Assad dalam perang saudara di Suriah. Namun bagi Israel, keberadaan Iran di Suriah dianggap sebagai ancaman strategis.

Sumber intelijen Barat mengatakan, peningkatan serangan Israel di Suriah tahun ini adalah bagian dari perang bayangan yang disetujui Amerika Serikat (AS), sebagai bagian dari strategi untuk memeriksa daya jangkau militer Iran. 

Lihat Sumber Artikel di Rakyat Merdeka Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Rakyat Merdeka. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Rakyat Merdeka.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini