Dijegal Pemerintah China, Jack Ma Masih Mampu Cetak IPO Terbesar Dunia

Dijegal Pemerintah China, Jack Ma Masih Mampu Cetak IPO Terbesar Dunia Foto: Republika

Ant Group milik Jack Ma masih mampu meraih IPO terbesar di dunia, meski hambatan regulasi China di depan mata dan sangat membebani raksasa teknologi keuangan itu. 

Liu Qiang, wakil presiden Fosun Technology and Financial Group, yang memiliki saham kecil di Ant Group, mengatakan teknologi yang mendasari raksasa fintech itu serta akses ke pelanggan masih menjadi investasi yang kuat.

"Saya masih yakin mereka bisa membuat rekor," kata Liu, yang juga wakil ketua Hani Securities, kepada Arjun Kharpal dari CNBC.com.

Baca Juga: Dulu Kebanggaan China, Jack Ma Kini Ancaman Bangsa

Ant Group sebelumnya bersiap untuk dual listing senilai USD34,5 miliar di Shanghai dan Hong Kong. Tetapi, tiba-tiba harus ditangguhkan pada 3 November setelah para pemimpinnya, termasuk Jack Ma, dipanggil dan diwawancarai oleh regulator China terkait pidato Ma yang terang-terangan mengkritik regulasi di negaranya.

Beberapa hari kemudian, pihak berwenang menekankan perlunya mengatur lebih lanjut industri fintech negara, termasuk pinjaman mikro. Hal itu juga dititahkan langsung oleh Presiden China Xi Jinping.

Liu menyambut baik langkah regulasi tersebut, ia memperhatikan bahwa produk keuangan baik online maupun offline harus diatur.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini