Apa Itu Neobank?

Apa Itu Neobank? Kredit Foto: KrAsia

Neobank adalah sejenis bank digital yang operasionalnya secara penuh dilakukan online atau digital tanpa jaringan cabang fisik tradisional. Neobank pertama kali menjadi populer pada tahun 2017 untuk menggambarkan penyedia keuangan berbasis fintech yang menantang bank tradisional.

Ada dua jenis perusahaan utama yang menyediakan layanan secara digital: perusahaan yang mengajukan izin perbankan mereka sendiri dan perusahaan yang bermitra dengan bank tradisional untuk menyediakan layanan keuangan tersebut.

Baca Juga: Apa Itu Asuransi Unit Link?

Neobank dapat disebut sebagai perusahaan fintech yang menyediakan pembayaran solusi keuangan digital dan mobile-first dan transfer uang, pinjaman uang, dan banyak lagi.

Neobank tidak memiliki lisensi bank mereka sendiri, tetapi mengandalkan mitra bank untuk menyediakan layanan berlisensi bank.

Namun, kehadiran neobank dianggap sebagai penghambat bank tradisional. Hal ini karena banyak pengguna yang mulai beralih ke dompet digital. Semakin banyak orang merasa nyaman melakukan pembayaran online melalui Google Pay, PayPal, GoPay, OVO dan banyak lagi. Karena itulah neobank memberikan fluiditas yang tidak dimiliki bank tradisional.

Keuntungan Neobank

Mudah Membuat Akun

Kehadiran Neobank mempermudah siapapun yang ingin melakukan transaksi digital. Sebagaimana diketahui, proses pembuatan akun di bank tradisional tergolong ribet dengan banyak syarat. Tetapi, neobank tidak terlalu membutuhkan banyak syarat.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini