Apa Itu Internal Linking SEO?

Apa Itu Internal Linking SEO? Kredit Foto: Unsplash/Merakist

Sebelum konten Anda mendapat peringkat pencarian, konten tersebut memerlukan internal link. Hal ini bertujuan agar Google dapat menemukan postingan dan halaman Anda yang paling baik jika ditautkan dari sebuah situs web.

Internal link atau tautan internal juga bertujuan untuk menghubungkan konten Anda dan memberi Google gambaran tentang site structure Anda. Internal link dapat membuat hierarki di situs Anda, sehingga memungkinkan Anda menandakan halaman yang paling penting dan memposting lebih banyak tautan yang berkualitas daripada halaman lain yang memiliki kualitas rendah. 

Baca Juga: Apa Itu Content SEO?

Jadi, menggunakan strategi internal linking yang tepat dapat meningkatkan SEO Anda. Untuk itu, simak artikel berikut yang akan membahas pengertian dari internal linking, manfaatnya bagi SEO, serta cara melakukannya.

Apa Itu Internal Linking dan Manfaatnya Bagi SEO?

Internal link atau tautan internal adalah tautan yang menghubungkan dua halaman di situs web yang sama.

Tautan internal berfungsi seperti backlink. Namun, backlink adalah hyperlink antara dua situs web yang berbeda. Saat Anda menautkan ke situs web lain dari situs web Anda sendiri, maka tautan tersebut dikenal sebagai external link. Ketika Anda menautkan dalam situs web Anda sendiri, maka tautan tersebut disebut sebagai internal link.

Strategi tautan internal yang tepat benar-benar dapat meningkatkan peringkat pencarian Anda karena dua hal, yaitu:

1. Strategi ini dapat membantu mesin pencari memahami site structure Anda, bagaimana halaman situs bisa saling berinteraksi satu sama lain, dan halaman mana yang benar-benar penting dalam site structure Anda.

2. Strategi ini membantu pengguna untuk menavigasi situs web dan membuat pengguna tetap di situs web dengan menyediakan konten yang relevan melalui tautan yang dapat diikuti. Hal ini pada akhirnya mengirimkan sinyal lain kepada mesin pencari bahwa situs web Anda relevan, karena memberikan pengalaman pengguna yang baik.

Kedua hal ini dapat menjelaskan mengapa Google akan meningkatkan situs web yang menggunakan strategi ini secara tepat. Internal linking bukan hanya masalah menambahkan faktor peringkat ke algoritma Google, tetapi sebenarnya membantu pengguna mendapatkan pengalaman yang lebih baik dengan situs web Anda. Keduanya dianggap sebagai faktor dalam menentukan peringkat pencarian.

Tentu saja manfaat diatas baru sebagai awalan saja. Ada banyak hal yang harus Anda pertimbangkan saat menghubungkan antar halaman Anda sendiri. Namun, meski mungkin tampak sulit, pada akhirnya Anda akan mengetahui bahwa cara kerja tautan internal sebenarnya sangat sederhana.

Google menggunakan tautan internal untuk membantu menemukan konten baru. Misalkan Anda memublikasikan laman web baru dan lupa menautkannya dari tempat lain di situs Anda. Jika dapat berasumsi bahwa halaman tersebut tidak ada di sitemap Anda, dan tidak memiliki backlink, Google tidak akan tahu bahwa halaman itu ada. Hal itu dikarenakan crawler web mereka tidak dapat menemukannya.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini