Wow! Ada Perangkat Teknologi yang Bisa Awasi Suspek Covid-19 Loh

Wow! Ada Perangkat Teknologi yang Bisa Awasi Suspek Covid-19 Loh Foto: Unsplash/Glen Carrie

Tahukah Anda? Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) baru saja merilis perangkat teknologi yang bisa mengawasi suspek COVID-19 loh.

Asal tahu saja, alat itu merupakan mahakarya dari Pusat Penelitian Elektronika dan Telekomunikasi (P2ET) LIPI; namanya Si-Monic (Smart Innovated Monitoring for COVID-19).  Si-Monic ialah sistem yang meninjau suspek dan terkontaminasi COVID-19, serta yang pernah kontak dengan penderita. 

Untuk saat ini, Si-Monic sudah lolos uji coba dari segi fungsional dan laboratorium. "Kami harap, produk riset ini bisa diuji coba di Jawa Barat dan berkontribusi terhadap penurunan tingkat reproduksi COVID-19," ujar Kepala P2ET LIPI, Budi Prawara, dikutip Rabu (18/11/2020).

Baca Juga: Lawan Sanksi Amerika, Huawei Resmi Jual Unit Bisnis Ponsel Pintar

Baca Juga: Resmi! Telkomsel Kucurkan Rp2,1 T Buat Perusahaan Besutan Nadiem Makarim

Lebih lanjut, Si-Monic memanfaatkan teknologi chip Bluetooth Low Energy (BLE) dengan kode khusus, serta terhubung ke jaringan internet.

Karena itulah, Si-Monic dapat Anda hubungkan ke ponsel pintar melalui aplikasi Si-Monic di Google Play Store.

Nantinya, pengawas sistem bisa memantau kondisi, status, hingga pergerakan pengguna Si-Monic lewat peladen (server) terpusat; secara real-time.

Ingat, terus terapkan gerakan 3M: memakai masker, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan, serta mencuci tangan.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #ingatpesanibupakaimasker #ingatpesanibujagajarak #ingatpesanibucucitangan #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini