Keponakan Prabowo Salip Petahana, Eh Pengamat Ragukan Survei Indikator

Keponakan Prabowo Salip Petahana, Eh Pengamat Ragukan Survei Indikator Kredit Foto: Antara/Muhammad Iqbal

Analis politik dari Universitas Pamulang (Unpan) Lukman Hakim mengaku terkejut saat dimintai pendapat mengenai hasil survei Indikator Politik Indonesia yang mengungkapkan temuan terbaru dimana pasangan Muhamad - Rahayu Saraswati telah menyalip pasangan petahana dan memenangkan pilkada Tangsel, jika pencoblosan dilaksanakan saat survei dilakukan. Baca Juga: Pengamat: Gaya Pemimpin Represif Tak Dikenal di Tangsel

Lukman mengaku mengikuti betul perkembangan kontestasi di Tangsel, bahkan sebelum mengerucut menjadi tiga pasangan kandidat. Karena itulah Lukman terkejut melihat hasil survei Indikator yang dirilis hari ini, Selasa (17/11/2020). 

"Pasalnya, tidak ada peristiwa berarti yang menimpa salah satu kubu kontestan yang memungkinkannya turun drastis atau naik drastis elektabilitasnya," ujarnya.

Yang lebih mengejutkan lagi, ujar Lukman, Muhamad sempat lama vakum dan tak mengikuti tahapan kampanye karena sakit. Bahkan karena sakitnya, mantan Sekda Tangsel itu sampai tak sanggup mengikuti penetapan nomor urut pasangan calon, 24 September lalu. Muhamad baru muncul ketika Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Tangsel menggelar debat kandidat, 16 Oktober lalu. 

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini