Horang Kaya! Jeff Bezos Rogoh Kocek Rp13,6 Triliun untuk Perangi Perubahan Iklim

Horang Kaya! Jeff Bezos Rogoh Kocek Rp13,6 Triliun untuk Perangi Perubahan Iklim Kredit Foto: Twitter/wotonews

Orang terkaya dunia, Jeff Bezos baru-baru ini mengabarkan bahwa ia telah memberikan USD971 juta (Rp13,6 triliun) kepada 16 organisasi yang bekerja untuk memerangi perubahan iklim. Donasi tersebut adalah hadiah pertama yang dia berikan sebagai bagian dari Bezos Earth Fund miliknya.

Dilansir dari Forbes di Jakarta, Selasa (17/11/2020) Bezos Earth Fund merupakan sebuah janji yang pendiri Amazon ini buat pada bulan Februari untuk memberikan USD10 miliar (Rp140 triliun) guna memerangi perubahan iklim.

Baca Juga: Jeff Bezos Jual Saham Amazon Rp43 Triliun, Kekayaannya Makin Gak Kekejar!

"Saya telah menghabiskan beberapa bulan terakhir belajar dari sekelompok orang yang sangat pintar yang telah berjuang seumur hidup untuk melawan perubahan iklim dan dampaknya terhadap komunitas di seluruh dunia," tulis Bezos dalam postingan Instagram-nya.

"Hari ini, dengan senang hati saya mengumumkan penerima Bezos Earth Fund pertama — 16 organisasi yang mengerjakan solusi inovatif, ambisius, dan menyentuh hati. . . . Kita semua bisa melindungi masa depan Bumi dengan mengambil tindakan berani sekarang." lanjutnya lagi.

Dana hibah sebesar USD100 juta (Rp1,4 miliar) telah diberikan untuk World Wildlife Fund, yang menyatakan bahwa mereka akan menyebarkan hadiah tersebut untuk fokus pada tiga solusi berbasis alam untuk perubahan iklim: melindungi dan memulihkan hutan bakau di Kolombia, Fiji, Madagaskar dan Meksiko; meningkatkan budidaya rumput laut yang berkelanjutan di Atlantik Utara; dan memulihkan serta melindungi hutan dan ekosistem lainnya di Amazon, Afrika, dan Amerika Tengah.

Selain itu, Bezos juga memberikan USD100 juta (Rp1,4 miliar) kepada Environmental Defense Fund dan beragam organisasi lainnya.

Sebelum mengumumkan Bezos Earth Fund, pada September 2019 Amazon mengumumkan The Climate Pledge, sebuah komitmen untuk memiliki jejak karbon nol bersih di seluruh bisnisnya pada tahun 2040. Bezos saat ini diperkirakan memiliki harta sebesar USD183 miliar (Rp2.571 triliun) dan telah mencairkan USD10 miliar (Rp140 triliun) dari saham Amazon miliknya pada tahun 2020 ini.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini