BPS Sebut Mobilitas di Tempat Belanja Naik, Daya Beli Pulih?

BPS Sebut Mobilitas di Tempat Belanja Naik, Daya Beli Pulih? Kredit Foto: Boyke P. Siregar

Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan bahwa pergerakan atau mobilitas masyarakat di tempat tertentu seperti tempat berbelanja mulai meningkat. Menurut Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Setianto, mobilitas masyarakat di tempat berbelanja kebutuhan sehari-hari pada Oktober lalu meningkat.

"Minat masyarakat untuk berbelanja sudah mulai pulih kembali seperti kondisi normal. Bahkan saat libur panjang pada akhir Oktober, aktivitas di tempat ini melebihi kondisi normal yaitu menjadi 0,3% dari bulan sebelumnya -2,3%," kata Setianto dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (16/11/2020).

Baca Juga: Menanti BPS Umumkan Angka Ekspor-Impor September 2020

Berdasarkan data BPS, mobilitas warga di pusat retail dan rekreasi juga memperlihatkan kondisi yang membaik sepanjang Oktober meskipun masih di bawah kondisi normal. "Tempat perdagangan retail dan rekreasi pada Oktober sedikit meningkat dibandingkan bulan sebelumnya, yaitu dari -17,8% menjadi -17,3%," tambahnya.

Selain itu, aktivitas masyarakat di taman dan tempat transit juga mengalami peningkatan meskipun masih di bawah kondisi normal. Dia menjelaskan bahwa kegiatan masyarakat di taman -7,5% di Oktober 2020, meningkat dibandingkan bulan sebelumnya -10,4%.

Sementara, aktivitas masyarakat di tempat transit meski -32,3% di bulan lalu, angka tersebut meningkat dibandingkan September 2020 yang -36%. "Di tempat transit, penempatan libur panjang menyebabkan peningkatan aktivitas di sektor transportasi, baik bandara, terminal, stasiun. Namun, masih di bawah kondisi normal," jelasnya.

Begitu juga dengan aktivitas masyarakat di rumah yang turun dari 11,8% di September menjadi 9,9% di bulan lalu.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini