Apa Itu Dewan Direksi?

Apa Itu Dewan Direksi? Kredit Foto: Freepik

Dewan direksi adalah sekelompok individu terpilih yang mewakili pemegang saham. Dewan direksi biasanya bertemu secara berkala untuk menetapkan kebijakan untuk manajemen dan pengawasan perusahaan. Setiap perusahaan publik pasti memiliki direksi.

Struktur dan kekuasaan dewan ditentukan oleh anggaran rumah tangga dalam organisasi. Anggaran rumah tangga dapat mengatur jumlah anggota dewan, cara dewan dipilih dan bagaimana pertemuan dewan.

Baca Juga: Apa Itu Fintech?

Meskipun tidak ada jumlah anggota yang ditetapkan untuk suatu dewan, kebanyakan berkisar antara 3 hingga 31 anggota. Beberapa analis meyakini ukuran ideal adalah tujuh. Selain itu, dewan direksi harus merupakan representasi dari kepentingan manajemen dan pemegang saham serta mencakup anggota internal dan eksternal.

Jenis Dewan Direksi

Dewan Direksi Internal

Adapun jabatan direktur internal adalah sebagai anggota yang memiliki kepentingan pemegang saham utama, pejabat, karyawan, dan yang memiliki pengalaman dalam perusahaan. Direktur perusahaan biasanya tidak diberi kompensasi apabila ada aktivitas dewan karena mereka sudah menjadi eksekutif tingkat C, pemegang saham utama, atau pemangku kepentingan lain.

Dewan Direksi Eksternal

Sementara itu, direktur independen atau luar yang menduduki kursi dewan tidak terlibat dalam pekerjaan internal perusahaan sehari-hari. Anggota dewan ini akan diganti uangnya dan menerima bayaran tambahan untuk menghadiri pertemuan dewan.

Idealnya, direktur luar membawa pandangan obyektif dan independen untuk menetapkan tujuan dan menyelesaikan setiap perselisihan perusahaan. Mereka dianggap penting untuk menjaga keseimbangan direktur internal dan eksternal di dewan.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini