Guys, Catat Baik-Baik! Ini 5 Jurus Jitu Agar Pengajuan KTA Diterima

Guys, Catat Baik-Baik! Ini 5 Jurus Jitu Agar Pengajuan KTA Diterima Foto: Sufri Yuliardi

Semua orang pasti merasa canggung dan takut saat mengajukan pinjaman untuk pertama kali, termasuk pada KTA atau kredit tanpa agunan. Perasaan khawatir pengajuan ditolak pasti menghantui saat mengajukan KTA. Alhasil, walaupun sebenarnya telah memenuhi segala berkas persyaratan dan semua ketentuan, Anda masih melakukan pengecekan berulang kali sebelum akhirnya mengirimkan pengajuan tersebut. Baca Juga: ADB Tambahkan Pinjaman US$14 Juta ke Mikronesia untuk Covid-19

Sebenarnya, hal tersebut tidaklah salah untuk dilakukan. Yang menjadi masalah adalah saat Anda sedang terdesak dan membutuhkan dana dengan cepat, namun tetap merasa khawatir pengajuan KTA Anda masih kurang lengkap dan takut untuk ditolak. Hal ini tentu dapat membuat proses pengajuan pinjaman menjadi semakin lama dilakukan dan uang pun tidak segera didapatkan.

Nah, bagi Anda yang merasa mengalami kendala tersebut, ada beberapa tips yang dapat Anda ikut agar pengajuan KTA Anda disetujui, berikut tipsnya, seperti dirangkum, Senin (16/11/2020). Baca Juga: Bisnis Gadai Efek Berkembang, Pegadaian Kasih Pinjaman hingga Rp20 Miliar

1. Pilih Layanan dengan Ketentuan Gaji yang Sesuai

Dalam mengajukan KTA, memiliki penghasilan di atas batas minimal merupakan syarat penting yang harus Anda penuhi. Pasalnya, selain menentukan apakah pengajuan akan diterima atau tidak, besarnya penghasilan dapat membuat Anda mendapatkan limit kredit tanpa agunan yang lebih tinggi.

Namun, perlu diketahui bahwa setiap layanan KTA, baik dari bank ataupun fintech, memiliki syarat minimun penghasilan yang berbeda-beda. Dalam kata lain, Anda dapat mencari KTA dengan syarat penghasilan yang lebih sesuai dengan gaji bulanan Anda. 

Bila memungkinkan, usahakan untuk mencari KTA dengan syarat pendapatan di bawah penghasilan Anda saat ini. Dengan begitu, tidak hanya pengajuan KTA Anda sudah pasti disetujui, limit pinjaman yang akan diberikan pun menjadi lebih besar.

Anda juga bisa mengajukan Kredit Tanpa Agunan tanpa kartu kredit jika belum memiliki kartu kredit sebelumnya.

2. Lunasi Dulu Utang Sebelumnya

Tips selanjutnya agar pengajuan KTA Anda pasti diterima adalah melunasi utang-utang sebelumnya. Melunasi utang terlebih dahulu tidak hanya memberikan efek positif pada potensi pengajuan KTA diterima, namun juga pada kondisi keuangan Anda agar tidak terlalu banyak memiliki beban utang.

Selain itu, dengan melunasi utang terdahulu, pihak bank akan mengetahui bahwa Anda adalah orang yang bertanggungjawab dan mampu melunasi KTA yang akan diajukan tersebut. Pasalnya, kunci utama pengajuan KTA atau produk pinjaman lain disetujui adalah kepercayaan dari kedua belah pihak. Jadi, pastikan untuk melunasi utang lain yang mungkin sedang Anda miliki sebelum mengajukan utang baru melalui KTA.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini