Bikin Optimis, BI Ramal Ekonomi RI Tumbuh Positif di Triwulan IV 2020

Bikin Optimis, BI Ramal Ekonomi RI Tumbuh Positif di Triwulan IV 2020 Kredit Foto: WE

Bank Indonesia (BI) optimis ekonomi Indonesia aka tumbuh positif di triwulan IV 2020, setelah pada triwulan sebelumnya tumbuh minus 3,49 (yoy). Keyakinan ini merupakan salah satu kunci penting untuk membangun sinergi dan energi optimisme dalam mendorong pemulihan ekonomi nasional.

"BI meyakini bahwa perbaikan ekonomi Indonesia akan terus berlanjut dengan pertumbuhan ekonomi yang mulai positif pada triwulan IV 2020 dan akan meningkat menjadi 5% pada tahun 2021 dan terus meningkat pada kurun waktu 5 tahun ke depan," ujar Gubernur BI Perry Warjiyo dalam pembukaan West Java Investment Summit (WJIS) yang dilaksanakan secara virtual pada hari ini (16/11/2020).

Menurut Perry, mulai positifnya ekonomi di triwulan IV 2020 akan didukung oleh perbaikan konsumsi, ekspor, dan investasi. Terkait investasi, Perry bilang investasi daerah juga merupakan salah satu kunci mendorong pemulihan ekonomi nasional.

Baca Juga: Petinggi BI Pede Ekonomi Indonesia Tumbuh di Level 6%, Ternyata Ini Sebabnya!

"Untuk meningkatkan promosi perdagangan dan investasi di daerah maupun nasional, BI akan senantiasa bersinergi dengan Pemerintah dan berbagai otoritas terkait," ungkapnya.

Selain kedua hal tersebut, dia menuturkan, sinergi koordinasi kebijakan ekonomi nasional yang sangat kuat dan erat antara Pemerintah, BI, OJK, dan berbagai instansi/lembaga juga sangat diperlukan dalam rangka mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

Senada dengan Perry, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia, menyampaikan indikasi positif investasi yang berkualitas di Indonesia guna mendukung pemulihan ekonomi.

"Hal tersebut ditandai dengan meratanya investasi tidak hanya di Jawa, namun juga luar Pulau Jawa, didukung perbaikan infrastruktur di berbagai wilayah di Indonesia," cetus Bahlil dalam acara yang sama.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini