Apa Itu Content SEO?

Apa Itu Content SEO? Kredit Foto: Unsplash/Campaign Creators

Konten harus menjadi prioritas pertama Anda saat melakukan strategi SEO. Konten yang berkualitas adalah cara Anda dalam melibatkan, menginformasikan, mendukung, serta dapat membantu pengunjung situs Anda.

Membuat konten yang otentik dan bernilai juga penting untuk visibilitas mesin pencari, baik itu artikel blog, halaman produk, halaman informasi, testimonial, video, atau konten apa pun yang Anda buat untuk pengguna. Apabila Anda bisa membuat konten yang baik, berarti Anda memiliki fondasi untuk mendukung semua upaya SEO lainnya. Pada artikel kali ini akan membahas mengenai apa itu content SEO serta cara dalam membuat content SEO yang baik.

Apa Itu Content SEO?

Untuk memahami apa yang dimaksud dengan content SEO, pertama-tama Anda harus memahami terlebih dahulu dengan jelas apa tujuan utama SEO, jenis konten apa yang ada, dan apa itu pengoptimalan konten.

Baca Juga: Mengenal Dasar-Dasar On-Page SEO

Apa itu SEO? Optimisasi mesin pencari atau Search Engine Optimization (SEO) adalah proses dalam mengoptimalkan situs web Anda untuk mencapai visibilitas sebesar mungkin di mesin pencari.

Proses dalam SEO melibatkan beberapa langkah yang biasanya dikelompokkan menjadi berikut: technical SEO, on-page SEO, dan off-page SEO. Content SEO adalah bagian dari on-page SEO.

Sederhananya, content SEO adalah konten yang dirancang untuk menduduki peringkat tertinggi di mesin pencarian seperti Google. Anda mungkin berpikir bahwa semua konten yang ada di internet adalah content SEO, tetapi keduanya memiliki perbedaan yang nanti akan dibahas di bagian selanjutnya.

Penting juga untuk diperhatikan bahwa semua jenis konten bisa menjadi content SEO, yaitu halaman produk, landing page, alat interaktif, dan bahkan video. Tetapi, ketika kebanyakan orang berbicara tentang content SEO, mereka akan mengacu pada posting-an blog.

Namun, sebelum kita berbicara tentang bagaimana cara menulis posting-an yang berpotensi mendapat peringkat pencarian, pastikan kembail kita memahami mengapa jenis content SEO ini penting.

Panduan Google Search Quality Evaluator menguraikan karakteristik konten yang memiliki kualitas tinggi, antara lain:

• Konten informasi harus akurat, komprehensif, asli dan disajikan secara profesional.

• Konten artistik harus orisinal, unik, dan menyampaikan keterampilan tingkat tinggi.

• Konten berita harus mendalam, dikutip dengan baik, akurat, dan berisi laporan asli.

Jika Anda ingin membuat konten yang bisa meningkatkan strategi on-page SEO, Anda perlu memberi perhatian khusus pada standar ini karena algoritma Google dapat memberi penilaian lebih pada sinyal yang otoritatif, ahli, dan terpercaya (E-A-T).

Konten adalah landasan dalam melakukan strategi SEO Anda, sehingga bukan tempat yang tepat untuk menghemat anggaran pemasaran digital. Membuat dan berinvestasi pada konten adalah strategi yang jelas sangat penting untuk kesuksesan SEO Anda karena hampir semua faktor lainnya bergantung pada kualitas konten tersebut.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini