Peluncuran SpaceX, Apa Kegiatan Astronautnya di Stasiun Antariksa?

Peluncuran SpaceX, Apa Kegiatan Astronautnya di Stasiun Antariksa? Foto: Rawpixel

Empat astronot --tiga dari AS dan satu dari Jepang-- telah diluncurkan dari Florida ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Apa yang akan mereka lakukan di stasiun luar angkasa?

Kru terbang ke orbit dengan roket dan kapsul yang disediakan perusahaan SpaceX.

Baca Juga: SpaceX Kirim Astronaut ke Stasiun Luar Angkasa, Joe Biden Kasih Puji-pujian

Ini adalah yang kedua kalinya perusahaan menyediakan layanan tersebut.

Badan antariksa AS NASA mengatakan mereka tengah memasuki era baru, dengan perjalanan astronot yang rutin ke orbit rendah Bumi dilakukan oleh perusahaan komersial.

Empat orang yang menuju ke ISS adalah warga Amerika Michael Hopkins, Victor Glover, Shannon Walker, dan astronot dari badan antariksa Jepang (Jaxa) yang sangat berpengalaman, Soichi Noguchi.

Dengan berpartisipasi dalam misi ini, Noguchi menjadi orang ketiga dalam sejarah yang meninggalkan Bumi dengan tiga jenis kendaraan luar angkasa, setelah sebelumnya terbang dengan Soyuz dan pesawat ulang-alik.

_112424554_space_x_dragon_capsule_inf640-2x-nc.png

Roket Falcon dan kapsul Crew Dragon meninggalkan landasan Kennedy Space Center pada pukul 19:27 waktu setempat.

Perjalanan mencapai stasiun akan memakan waktu lebih dari satu hari.

Proses docking, atau penggabungan kapsul dengan stasiun luar angkasa, dijadwalkan untuk dilakukan pada 0400 GMT (pukul 11.00 WIB) pada hari Selasa.

Ketika tiba di stasiun, tim akan bergabung dengan kosmonot NASA Kate Rubins dan kosmonaut Sergey Ryzhikov dan Sergey Kud-Sverchkov dari badan antariksa Rusia (Roscosmos).

Dengan tujuh orang di ISS, yang berada 410 km dari permukaan bumi itu, jumlah sains yang dapat dikerjakan akan berlipatganda.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini